Advertisement

Turis Tiongkok Hilang di Perairan Laut Gili Air, Lombok Utara

Newswire
Selasa, 11 Desember 2018 - 12:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Turis Tiongkok Hilang di Perairan Laut Gili Air, Lombok Utara Ilustrasi pencarian di laut. - Ist/ dok SAR

Advertisement

Harianjogja.com, LOMBOK UTARA - Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) Mataram masih melakukan upaya pencarian turis asal Tiongkok bernama Zhang Qiujue (26) yang hilang di perairan laut Gili Air, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Minggu (9/12/2018).

"Personel sudah melakukan upaya pencarian dengan menyisir perairan laut menggunakan rubber boat," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram I Nyoman Sidakarya, di Lombok Utara, Selasa (11/12/2018).

Advertisement

Dia mengaku menerima laporan dari salah seorang warga bernama Anto, bahwa seorang wisatawan mancanegara berkewarganegaraan Republik Rakyat China hilang di sekitar perairan Gili Air. Korban atas nama Zhang Qiujue (26) perempuan Alamat Shanghai.

Setelah mendapat laporan, Tim Rescue Pos Siaga SAR Bangsal, Kabupaten Lombok Utara, diterjunkan ke lokasi kejadian untuk melakukan pencarian menggunakan rubber boat.

Timnya, kata Sidakarya, berkoordinasi dengan instansi terkait yang terlibat, yakni Polres Lombok Utara, Pol Air Polda NTB, Danpos Angkatan Laut Bangsal, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lombok Utara, masyarakat setempat dan unsur terkait lainnya. Upaya pencarian juga melibatkan Dive Center dengan melakukan penyelaman di sekitar lokasi yang diduga tempat korban tenggelam.

"Kemarin [Senin], kami menambah jumlah personel dan peralatan seperti rubber boat, peralatan selam dan alat lainnya untuk menunjang proses pencarian," ujarnya.

Dari informasi yang diperoleh, turis asal Tiongkok tersebut "snorkeling" di wilayah Gili Air bersama Asyraf (27), asal Maroko yang merupakan pacar korban.

Asyraf kemudian meminta izin untuk memanah ikan sekaligus "snorkeling" di area yang agak jauh dari pantai tempat korban menunggu.

Saat Asyraf kembali untuk menghampiri teman perempuannya, Zhang Qiujue sudah tidak berada di tempat tersebut dan hanya ditemukan sandal, tas, baju, dan telepon genggam.

Sebelum meminta bantuan kepada instansi terkait, teman perempuan korban sempat melakukan pencarian bersama masyarakat setempat disekitar pulau hingga ke Utopia Homestay tempat mereka menginap, namun tidak membuahkan hasil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bolos Kerja di Hari Pertama Kerja setelah Lebaran, Pegawai Pemkab Sleman Disanksi

Sleman
| Selasa, 16 April 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement