Advertisement

Protes Rompi Kuning di Prancis Bikin 135 Orang Cedera

Newswire
Senin, 10 Desember 2018 - 11:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Protes Rompi Kuning di Prancis Bikin 135 Orang Cedera Paris, Prancis, rusuh akibat demonstrasi yang dipicu kenaikan harga BBM. - Reuters/Christian Hartmann

Advertisement

Harianjogja.com, PARIS-Sebanyak 118 pemrotes dan 17 polisi cedera dalam protes "Rompi Kuning" pada Sabtu (8/12/2018) di seluruh Prancis, kata Menteri Dalam Negeri Prancis kepada wartawan pada Sabtu larut malam.

Pada Ahad sore, Kementerian Dalam Negeri mengubah jumlah pemrotes yang ikut dalam proses di seluruh negeri tersebut jadi 136.000.

Advertisement

Menurut kementerian tersebut, 1.220 orang ditangkap selama demonstrasi itu.

Sebagai bagian dari langkah keamanan ketat, puluhan kendaraan lapis baja dan 89.000 prajurit, termasuk 8.000 di Paris saja, dikerahkan, demikian laporan Kantor Berita Anadolu --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin (10/12/2018) pagi.

Pada Sabtu, pemrotes yang mengenakan rampi kuning terang, yang dijuluki "Rompi Kuning", berkumpul di sepanjang Champs-Elysees, yang terkenal, di Ibu Kota Prancis, Paris --tempat toko, restoran dan bank ditutup akibat kerusuhan.

Polisi Prancis menggunakan semprotan merica terhadap pemrotes di sepanjang Champs-Elysees.

Sejak 17 November, ribuan pemrotes telah berkumpul di kota besar utama Prancis termasuk Paris untuk memprotes kebijakan kontroversial Presiden Emmanuel Macron yaitu kenaikan pajak bahan bakar dan situasi ekonomi yang memburuk.

Demonstran, yang biasanya tinggal di daerah pedesaan akibat tingginya harga sewa di kota besar, telah menyeru Macron agar memotong pajak bahan bakar dan meringankan kesulitan ekonomi mereka.

Menurut survei belum lama ini, 84% rakyat Prancis --kebanyakan dari kelompok kelas menengah-- mendukung protes tersebut.

Harga bahan bakar di Prancis telah naik lebih dari 20% pada tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement