Advertisement

Temukan 1 Jenazah Korban KKB di Nduga Papua, TNI-Polri Masih Cari 2 Jasad Lagi

Newswire
Minggu, 09 Desember 2018 - 18:42 WIB
Kusnul Isti Qomah
Temukan 1 Jenazah Korban KKB di Nduga Papua, TNI-Polri Masih Cari 2 Jasad Lagi Evakuasi korban KKB Papua. - Okezone.com/Chanry

Advertisement

Harianjogja.com, PAPUA-Satgas gabungan TNI-Polri menemukan satu lagi jenazah yang diyakini korban pembunuhan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua. Jasad berkelamin laki-laki tersebut belum terindentifikasi identitasnya.

Tim yang dipimpin Kombes Yeremias Rontini menemukan jenazah tersebut di dalam hutan sekitar satu kilometer dari dari lokasi penemuan 16 jasad korban sebelumnya di sekitar bukit Puncak Kabo, Minggu (9/12/2018) sekitar pukul 13.00 WIT.

Advertisement

"Kondisi jasad korban ditemukan sudah mulai rusak atau membusuk," kata Juru Bicara Kodam XVII Cenderawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi kepada wartawan di Papua.

Menurut Aidi, jenazah tersebut diduga pekerja PT Istaka Karya. Ciri-cirinya adalah berkelamin laki-laki, berambut panjang dan menggunakan celana panjang warna putih.

Saat ini, jenazah telah dievakuasi ke poros jalan Distrik Yigi-Mbua untuk selanjutnya dibawa ke Mbua melalui jalur darat. Setelah di Mbua, jenazah akan dievakuasi ke Wamena atau Timika dengan helikopter.

Menurut Aidi, Satgas gabungan TNI-Polri akan terus mencari sisa jenazah korban yang belum ditemukan. Berdasarkan keterangan korban selamat, masih ada dua jenazah yang belum ditemukan dan dua korban lainnya diduga masih hidup, meski belum diketahui nasibnya.

"Saat ini pasukan gabungan TNI-Polri telah menguasai dan menduduki distrik Yigi dan Mbua. Situasi di distrik Mbua pasca penyerangan KKSB terhadap pos TNI berangsur kondusif dan aktivitas masyarakat normal kembali," ujar Aidi.

Sebelumnya, TNI-Polri telah mengevakuasi 16 jenazah korban pembantaian KKSB di Distrik Yigi, Nduga. Ke 16 jenazah telah diterbangkan ke kampung halaman masing-masing melalui Timika pada Jumat 7 Desember 2018.

Dari data kepolisian setempat, total 28 orang pekerja jembatan dari PT Istaka Karya mendapat kekerasan di Distrik Yigi, Nduga. 19 orang meninggal dunia, 17 telah ditemukan, tujuh orang selamat, dua jenazah belum ditemukan, dua orang diduga selamat dan masih dalam pencarian.

Organisasi Papua Merdeka (OPM) mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan pekerja jembatan di Distrik Yigi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Kamis 25 April 2024: Kasus Penggelapan Pajak hingga Sosialisasi Tol Jogja-YIA

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement