Ketika Menhub Tiru Gaya Jokowi Naik Motor Chopper untuk Kampanye Keselamatan Berkendara

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi . - Antara
09 Desember 2018 06:17 WIB Fatkhul Maskur News Share :

Harianjogja.com, PALEMBANG - Ada yang unik dalam kegiatan promosi keselamatan berkendara di kawasan Kambang Iwak, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (8/12/2018).  Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meniru gaya Presiden Joko widodo (Jokowi) saat berkendara roda dua.

Menhub memimpin konvoi kendaraan roda dua menggunakan motor Chopper dengan didampingi Wali Kota Palembang Harnojoyo. Menariknya, penampilan Menhub hampir sama dengan Presiden Jokowi saat mengendarai motor Chopper dalam kegiatan touring-nya.

Budi mengenakan jaket jins berwarna biru yang dipadukan dengan kemeja putih, plus celana jins berwarna biru. Tak lupa di jaketnya, tepatnya di bagian dada terdapat gambar peta Indonesia.

Aksi Menhub dalam konvoi kendaraan yang diikuti 100 bikers anak muda dari 18 komunitas ini pun sontak menarik perhatian masyarakat. Tak ayal, pagi itu kawasan Kambang Iwak dipadati anak-anak muda generasi milenial.

Mereka berkumpul bersama dan membawa motor kebanggaan masing-masing lalu ikut dalam kampanye safety riding yang digelar Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Setelah kegiatan konvoi, acara dilanjutkan dengan bincang-bincang bertajuk temu wicara dengan dihadiri Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dan Wali Kota Palembang Harnojoyo di Gunz Cafe.

Saat ditanya alasannya berdandan ala Jokowi, Budi Karya menjawab diplomatis. "Kami pakai jaket seperti ini biar kelihatan selalu muda," kata dia.

Melalui ajang ini, Budi Karya ingin mengampanyekan keselamatan berkendara, seperti selalu menyalakan lampu motor meski di siang hari dan memakai helm sesuai standar keselamatan.

"Kemenhub ingin sekali safety riding menjadi bagian yang penting. Anak-anak milenial yang gandrung dengan motor, silakan berkreasi. Lakukan inovasi dengan membangun motor custom dan sejenisnya tetapi jangan lupakan soal keselamatan baik standar kendaraannya maupun cara berkendaranya," kata Budi.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan aspek keselamatan dalam berkendara sangat penting. "Untuk itu milenial Sumsel harus benar-benar menjadikan safety riding sebagai budaya hari-hari," kata dia.

Sumber : Antara