Mantan Presiden AS George Bush Dimakamkan di Perpustakaan Kepresidenan

Peti mati George H.W. Bush yang diselimuti bendera AS dibawa oleh garda kehormatan diikuti dengan anggota keluarganya di George H.W. Bush Presidential Library anda Museum, College Station, Texas, 6 Desember 2018. - Reuters
07 Desember 2018 12:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, COLLEGE STATION – Pemakaman Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), George H.W. Bush dilangsungkan di perpustakaan kepresidenannya di College Station, Texas pada Kamis (6/12/2018) menyusul upacara pemakaman yang digelar di sebuah gereja di Houston.

Reuters, Jumat (7/12/2018) mewartakan, peti mati Bush melakukan perjalanan dengan gerbong kereta khusus selama sekira satu jam dari barat laut dari Houston ke College Station dan kemudian dibawa ke pemakaman di belakang perpustakaannya oleh pasukan garda kehormatan militer. Prosesi upacara pemakaman tersebut disaksikan oleh putranya dan mantan Presiden George W. Bush.

Bush, presiden AS ke-41, meninggal pekan lalu di Texas pada usia 94 tahun. Jenazahnya diterbangkan ke Texas pada Rabu setelah upacara pemakaman kenegaraan di Katedral Nasional Washington yang dihadiri oleh Presiden Donald Trump, empat mantan presiden AS yang masih hidup dan para pemimpin asing.

"Upacara peringatan itu merupakan penghargaan indah untuk kehidupan luar biasa Presiden Bush dan warisan mulianya untuk pelayanan publik," kata Presiden Donald Trump di resepsi Hanukkah di Gedung Putih pada Kamis (6/12/2018).

"Dia adalah lelaki hebat. Kami akan selalu mengingat negarawan besar ini dan patriot Amerika yang terkasih. Dia benar-benar sangat istimewa.”

Upacara pemakaman pada Kamis digelar di Gereja Episkopal St. Martin di Houston yang menjadi tempat ibadah Bush dan istrinya Barbara selama lebih dari lima dekade. Upacara pemakaman itu diisi dengan pidato-pidato dari keluarga almarhum.

Setelah upacara pemakaman, jasad Bush dibawa dengan kereta api sejauh sekira 130 km barat laut ke College Station untuk dimakamkan bersama istrinya, Barbara, yang meninggal pada April lalu, dan putri mereka Robin, yang meninggal karena leukemia pada usia 3 tahun pada 1953.

Perjalanan kereta dengan nomor lokomotif 4141 dan bertuliskan “George Bush 41” itu diiringi oleh lambaaian penduduk kota yang berkumpul di sepanjang jalur perjalanannya. Bush juga menerima penghormatan dengan 21 kali penerbangan melintas dalam formasi pesawat “orang hilang” sebagai penghormatan sebelum jasadnya dibawa ke lokasi pemakaman untuk dimakamkan secara privat.

George H.W. Bush memerintah antara 1989 sampai 1993 dan dikenal sebagai presiden yang menyaksikan runtuhnya Uni Soviet da berakhirnya Perang Dingin. Dia juga dianggap berjasa mengakhiri perang Irak-Kuwait dengan mengusir Saddam Hussein dari Kuwait pada 1990.

Sumber : Okezone.com