Advertisement

Kanselir Jerman Angela Merkel Tidak Hadiri Pembukaan KTT G20 karena Pesawat Rusak

Iim Fathimah Timorria
Jum'at, 30 November 2018 - 19:20 WIB
Kusnul Isti Qomah
Kanselir Jerman Angela Merkel Tidak Hadiri Pembukaan KTT G20 karena Pesawat Rusak Kanselir Jerman Angela Merkel - Reuters/Michele Tantussi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -Karena ada kerusakan teknis yang menimpa pesawat yang ia tumpangi dalam perjalanan menuju Buenos Aires pada Kamis (29/11/2018), Kanselir Jerman Angela Merkel dipastikan akan melewatkan pembukaan KTT G20 di Argentina pada Jumat (30/11/2018).

Pesawat Airbus A340 milik pemerintah Jerman tersebut harus mendarat darurat di Bandara Koln-Bonn pada Kamis malam waktu setempat.

Advertisement

Majalah Der Spiegel, dilansir Reuters, melaporkan bahwa sistem komunikasi pesawat tersebut mengalami malfungsi total sehingga memaksa pilot mendarat darurat dengan mengandalkan sinyal telepon.

Terdapat indikasi bahwa malfungsi tersebut disebabkan suatu aktivitas kriminal, namun pihak angkatan udara Jerman memastikan tidak ada aktivitas mencurigakan yang menyebabkan kerusakan pesawat.

Sebelumnya, harian Rheinische Post asal Jerman, mengutip sebuah sumber pihak keamanan mengatakan bahwa pemerintah melakukan penelusuran apakah insiden yang dialami Airbus A430 disebabkan oleh aksi kriminal. Sumber tersebut juga menambahkan bahwa investigator juga akan menyelidiki segala aspek selepas insiden seperti itu terjadi.

"[Penyelidikan] Itu adalah pemeriksaan standar yang dilakukan pada sistem radio yang mengalami kerusakan," kata seorang juru bicara Angkatan Udara Jerman sekaligus menepis dugaan keterlibatan aksi kriminal yang disengaja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Kabar24.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement