Advertisement

Jangan Lewatkan, Hujan Meteor Bakal Terlihat Malam Ini

Newswire
Sabtu, 17 November 2018 - 13:17 WIB
Nina Atmasari
Jangan Lewatkan, Hujan Meteor Bakal Terlihat Malam Ini ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pada Sabtu (17/11/2018) malam ini, Bumi akan mengalami fenomena langka. Puncak fenomena hujan meteor Leonids akan mengguyur Bumi.

Sebelumnya, pada 1833 Leonid pernah menghujani bumi hingga ratusan meteor per jam, tetapi tampaknya tahun ini tidak akan sebanyak itu.

Advertisement

"Dua puluh meteor per jam kemungkinan melewati puncak, yang membuatnya lebih aktif daripada hujan meteor Taurid baru-baru ini," kata Dave Samuhel dari AccuWeather, seperti dilansir dari laman AccuWeather, Sabtu (17/11/2018).

Menurut American Meteor Society, Leonid memang seringkali menghujani Bumi dengan presentase yang tinggi dan merupakan meteor yang paling terang. Hal tersebut membuatnya mudah ditemukan di langit malam. Kemudian, tengah malam akan menjadi waktu terbaik untuk melihat Leonid.

"Meteor memancar dari konstelasi Leo di bagian timur laut langit," imbuh Samuhel.

Meskipun Leonid akan memancar dari timur laut, masyarakat akan dapat melihat meteor muncul di semua area langit, jika cuaca memungkinkan.

Space melaporkan jika hujan meteor Leonid memang akan menghiasi langit Bumi pada November setiap tahunnya. Hal tersebut merupakan reaksi dari orbit Bumi yang melintasi orbit komet 55R/Tempel-Tuttle.

Komet, atau yang disebut juga ‘bintang berekor’, mengorbit matahari setiap 33 tahun, meninggalkan jejak puing, kemudian jatuh menuju permukaan Bumi. Sebelum menerpa permukaan Bumi, sebagian besar dari serpihan komet akan terbakar di atmosfer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement