Advertisement

Bertemu Vladimir Putin, Jokowi Minta Dukungan Kampanye Minyak Sawit Indonesia

Newswire
Kamis, 15 November 2018 - 09:37 WIB
Nina Atmasari
Bertemu Vladimir Putin, Jokowi Minta Dukungan Kampanye Minyak Sawit Indonesia Presiden Joko Widodo (Jokowi). - Suara.com/Dwi Bowo Raharjo

Advertisement

Harianjogja.com, SINGAPURA - Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pertemuan bilateral yang berlangsung di Suntec Convention Centre, Singapura, Rabu (14/11/2018). Peningkatan kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Rusia menjadi agenda utama yang dibahas.

Nilai perdagangan bilateral kedua negara pada tahun 2017 tercatat meningkat 14,34 persen, atau senilai 2,5 miliar dollar AS, dari tahun sebelumnya. Jokowi dalam pertemuannya dengan Putin mengungkapkan keinginannya agar target perdagangan 5 miliar dollar AS kedua negara dapat tercapai pada tahun 2020 mendatang.

Advertisement

"Saya menyambut baik kenaikan hubungan perdagangan kita. Di data kami, perdagangan bilateral meningkat 14,34% di tahun 2017 atau senilai USD2,52 miliar. Saya berharap target perdagangan USD5 miliar akan dapat tercapai di tahun 2020," kata Jokowi.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Jokowi meminta Rusia turut menggencarkan kampanye CPO (Crude Palm Oil) Indonesia.

"Kami memohon dukungan untuk promosi dan kampanye positif bagi CPO Indonesia," ujar dia.

Dalam pertemuan yang berlansung selama 45 menit itu, Jokowi juga mendorong pemerintah Rusia untuk meningkatkan volume impor hasil laut Indonesia. Selain itu, ekspor buah tropis asal Indonesia juga diharapkan bisa ditingkatkan.

Dalam pertemuan itu, Jokowi dan Putin juga membahas kerja sama ekonomi di kawasan Eropa Timur dan Asia Tengah (EAEU). Jokowi menyampaikan komitmennya untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dengan EAEU.

"Saya harap Rusia sebagai Ketua EAEU dapat membantu mempercepat keputusan kolektif bagi dimulainya perundingan FTA (persetujuan perdagangan bebas) antara Indonesia dengan EAEU utamanya untuk menanggapi prosedur pengajuan yang telah kami sampaikan sejak 2017," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Tingkatkan Daya Saing, Pemkot Jogja Dorong Sertifikasi dan Legalitas Produk UMKM

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement