Advertisement

Keren, Jalan Tol di Jabar Ini Mirip Track Mainan Hot Wheels

Newswire
Kamis, 15 November 2018 - 00:17 WIB
Nina Atmasari
Keren, Jalan Tol di Jabar Ini Mirip Track Mainan Hot Wheels Ilustrasi jalan tol. - JIBI/Nicolous Irawan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Pemerintah sedang menggalakkan pembangunan infrastruktur, utamanya jalan tol. Penampakan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Jawa Barat terlihat berbeda dengan jalan tol pada umumnya. Sebab, jalan tol ini mirip track balapan mainan anak yang sedang digandrungi, yakni Hot Wheels.

Jalan tol Cisamdawu merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang berada di Jawa Barat. Proyek jalan tol Cisamdawu ini dibangun sepanjang 61,6 kilometer yang dikerjakan BUMN Adhi Karya bersama China Road and Bridge Corporation (CRBC) bertindak sebagai kontraktor.

Advertisement

“Eits... ini bukan track buat hotweels lho! Ini adalah jalan di atas Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan [Cisumdawu], Jawa Barat,” dikutip dari Twitter Bina Marga Kementerian PUPR, Rabu (14/11/2018).

Tak hanya jalan di atasnya yang unik, jalan tol ini juga memiliki keunikan berupa terowongan kembar yang memiliki panjang 472 meter dan diameter 14meter. Tol Cisumdawu adalah jalan tol pertama yang menggunakan terowongan.

Saat ini, terowongan sisi kiri sudah tembus pada 31 Juli 2018, sedangkan sisi satunya sudah mencapai 392meter dan tak lama lagi akan tembus. Teknologi yang digunakan untuk membuat terowongan adalah metode New Austrian Tunneling Methods (NATM) yang memiliki sistem kerja cut and cover.

Pada proyek Jalan Tol Cisumdawu ini, pembangunan dan pengerjaan terbagi ke dalam enam seksi. Pemerintah pada seksi 1 sampai 2 dan Badan Usaha Jalan Tol pada seksi 3 sampai 6.

Dengan selesainya Tol Cisumdawu nanti, diharapkan dapat mempersingkat waktu tempuh Bandung – Sumedang. Sekaligus membagi beban lalu lintas di Jalan Cadas Pangeran yang selalu padat serta akan terkoneksi dengan Tol Cikampek – Palimanan yang merupakan bagian dari Tol Trans Jawa.

Rencananya pembangunan Jalan Tol Cisumdawu seksi 1 sampai 3 ditargetkan selesai pada akhir 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Produksi Ikan Tangkapan dan Budi Daya di Gunungkidul Hanya Naik Tipis

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement