Pernah Jadi Anggota Paskibraka, Megawati Diberi Penghargaan Lifetime Achievement Bhakti Teratai Putra Indonesia

Megawati Soekarno Putri saat mendapat penghargaan. - Harian Jogja/Bayu Septianto
10 November 2018 23:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden ke-5 Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri pernah menjadi anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka).

Di hari pahlawan ini, Megawati mendapatkan penghargaan Lifetime Achievement Bhakti Teratai Putra Indonesia dari Pengurus Pusat Purna Paskibraka Indonesia.

Penghargaan ini diberikan atas jasa-jasa Megawati yang pernah menjadi anggota Paskibraka pada peringatan detik-detik proklamasi tahun 1964. Megawati saat itu masih duduk di bangku SMA Perguruan Tjikini.

Dalam pidato kebangsaannya, Megawati mengaku tak mau disebut sebagai purna paskibraka. Hal ini karena ia merasa tak pernah pensiun menjadi seorang Paskibraka.

"Saya sebenarnya ketika disebut purna agak terganggu, kok kayak pensiunan yah. Tapi sebenarnya kita enggak pernah pensiun," ucap Megawati yang disambut gelak tawa tamu yang hadir di Balai Sarbini, Jalan Jenderal Sudirman, Semanggi, Jakarta Pusat, Sabtu (10/11/2018).

Puteri Proklamator RI, Soekarno itu mengatakan menjadi Paskibraka adalah suatu kewajiban sepanjang hayat, tak hanya sekadar simbolis saja saat peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus.

Apalagi, lanjut Megawati setiap anggota Paskibraka pasti pernah mencium bendera pusaka merah putih. Hal ini menandakan setiap Paskibraka telah disumpah untuk mencintai Indonesia selamanya.

"Mencium bendera, itu sumpah kita kepada Indonesia Raya, jadi bagaimana disebut purna yah?" kata Megawati.

Dalam acara ini, Megawati mengenakan batik warna cokelat. Sejumlah elit PDIP terlihat hadir yakni Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dan mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. Djarot tampak mendampingi Megawati, baik saat duduk maupun saat mengantarkan Megawati menuju podium untuk menyampaikan pidatonya.

Sumber : okezone.com