Advertisement

Jokowi: Warganet Harus Bertanggung Jawab Atas Tindakan di Media Sosial

Amanda Kusumawardhani
Kamis, 01 November 2018 - 16:17 WIB
Nina Atmasari
Jokowi: Warganet Harus Bertanggung Jawab Atas Tindakan di Media Sosial Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kiri), Sekretaris Kabinet Pramono Anung (kedua kiri), dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno (kanan) menyampaikan konferensi pers mengenai peristiwa kecelakaan pesawat Lion Air JT-610 Rute Penerbangan Jakarta-Pangkal Pinang di Nusa Dua, Bali, Senin (29/10/2018). - JIBI/Ni Putu Eka Wiratmini

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengingatkan agar penggunaan media sosial harus diikuti dengan tanggung jawab. Pasalnya, penyebaran informasi yang massif saat ini seringkali disisipi oleh ujaran kebencian, berita bohong, hingga fitnah.

"Saya kira fenomena ini tidak hanya di negara kita, tapi juga di negara lain terjadi fenomena yang sama. Oleh sebab itu, sekali lagi harus ada standar moralitas yang lebih tinggi dari sebelum zaman keterbukaan ini ada. Kalau dulu katakanlah standarnya 6, sekarang harus 8," katanya di Pameran Indonesia Science Expo (ISE) Tahun 2018, Rabu (1/11/2018).

Advertisement

Perkembangan teknologi saat ini diakuinya membawa tantangan baru dalam tataran moralitas di masyarakat. Setiap orang mampu memproduksi informasi layaknya seorang wartawan.

"Muncul media tanpa redaksi bisa membuat warga jadi wartawan. Ada berita langsung dimunculkan, ada informasi dimunculkan. Rapat redaksi yang dulu tertata rapi digantikan peran medsos [media sosial]. Dan jempol atau like menjadi pemimpin redaksi di media sosial," tambahnya.

Menurutnya, regulasi pemerintah tidak cukup menyelesaikan masalah sebab tidak semua bisa dipagari dengan regulasi. "Yang dibutuhkan sekarang adalah standar moralitas yang semakin tinggi berbarengan dengan penggunaan teknologi itu," tegas Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kronologi Bocah Hanyut Saat Bermain di Tepian Sungai Oyo

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement