Advertisement

PMI Turut Diperbantukan untuk Kumpulkan Serpihan Tubuh Korban Lion Air JT610

Newswire
Rabu, 31 Oktober 2018 - 13:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
PMI Turut Diperbantukan untuk Kumpulkan Serpihan Tubuh Korban Lion Air JT610 Ilustrasi Palang Merah Indonesia - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, SUKABUMI-Palang Merah Indonesia (PMI) diperbantukan untuk mengumpulkan serpihan tubuh korban pesawat Lion Air JT610 yang jatuh di Pantai Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat pada Senin (29/10/2018).

"Ada tiga personel kami yang ikut diperbantukan yakni Maulana Asep Wildan, Ayunita R, dan Cipta. Mereka yang mempunyai keahlian tersebut. Adapun tugasnya, mengumpulkan bagian tubuh korban yang menempel di bagian pesawat," kata perwakilan PMI Sukono melalui sambungan telepon, Rabu (31/10/2018).

Advertisement

Menurut dia, langkah pengumpulan bagian tubuh korban pesawat tersebut seperti kapal tim SAR gabungan membawa serpihan pesawat dalam satu tempat yang kemudian diperiksa oleh tim dari DVI dan PMI ikut diperbantukan untuk mempercepat proses pemilahan.

Ini dilakukan karena dikhawatirkan di puing pesawat itu ada bagian atau serpihan tubuh korban seperti daging maupun rambut yang menempel sehingga harus dipisahkan. Keterlibatan PMI ini hanya sesaat dan sebatas diperbantukan saja.

Ia mengatakan tidak hanya mengumpulkan serpihan tubuh korban di darat, juga ikut membantu mengevakuasi kantong jenazah ke Rumah Sakit Polri Keramat Jati. Aksi ini dilakukan untuk membantu tim gabungan dalam mempercepat proses operasi kemanusiaan ini.

"Relawan kami sudah bersiaga sejak hari pertama kasus kecelakaan pesawat ini, juga memobilisasi beberapa unit ambulans untuk bersiaga baik di Karawang maupun Tanjung Priok, DKI Jakarta," katanya menambahkan.

Sukono mengatakan aksi yang dilakukan PMI ini untuk membantu Basarnas, TNI dan Polri dalam melakukan operasi pencarian pesawat yang membawa 181 penumpang dan delapan awak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Lengkap KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement