Tingkatkan Profesionalitas Kerja dengan Mengakses 3 Zona Pribadi

Para pegawai Bapelkes Semarang di Salaman Kabupaten Magelang berfoto bersama Prie GS usai workshop, Sabtu (20/10/2018). - Harian Jogja/ Nina Atmasari
21 Oktober 2018 04:17 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, MAGELANG- Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Semarang di Salaman Kabupaten Magelang mengadakan workshop implementasi nilai budaya kerja untuk seluruh pegawainya.

Kegiatan yang digelar pada Sabtu (20/10/2018) di aula balai tersebut menghadirkan budayawan Prie GS sebagai narasumber. Di hadapan 77 karyawan baik PNS maupun non PNS, Prie GS mengajak untuk menggali potensi diri dalam rangka meningkatkan profesionalitas pegawai.

Cara yang ditunjukkan yakni mengakses zona intelektual, emosional dan spiritual diri. Semua karyawan mulai Kepala Bapelkes hingga driver dilatih menggunakan tiga zona tersebut untuk memecahkan masalah dalam pekerjaan.

Ketua panitia kegiatan, Nur Yatiman mengungkapkan kegiatan ini digelar untuk memunculkan potensi yang masih tersembunyi dalam diri para pegawai. "Dengan pelatihan ini, diharapkan potensi itu muncul dan bisa dioptimalkan untuk meningkatkan profesionalitas kerja," katanya, di sela acara.

Kepala Bapelkes, Emmilya Rosa menjelaskan sebagai instansi di bidang pendidikan, Bapelkes memiliki tugas melatih aparatur negara atau petugas kesehatan. "Pelayanan yang kami lakukan sudah selalu sesuai standar," katanya.

Sejauh ini, katanya, kinerja pegawai Bapelkes dinilai sudah baik, namun pihaknya ingin meningkatkannya menjadi lebih baik lagi guna menuju service excellent. Dari pelatihan ini, ia berharap ada perubahan sikap dan perilaku para pegawai menjadi lebih baik sesuai dengan harapan.

Lebih lanjut, capaian kinerja ini diharapkan mendukung Bapelkes agar meningkatkan akreditasi sehingga menjadi rujukan balai pelatihan lain di seluruh Indonesia.