Palang Merah Italia Menggelar Konser Amal untuk Korban Bencana Sulteng

Kapal Sabuk Nusantra 39 yang terdampar ke daratan akibat gempa dan tsunami di desa Wani, Pantai Barat Donggala, Sulawesi Tengah, Senin (1/10/2018). - ANTARA/Muhammad Adimaja
20 Oktober 2018 08:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, LONDON-Palang Merah Italia bekerja sama dengan Rome Chamber Music Festival mengelar konser amal bertajuk 'L'Amore Che Ci Muove' atau "Cinta yang Menggerakkan Kita" ditujukan untuk menggalang dana guna membantu Palang Merah Indonesia menangani korban bencana alam di Sulawesi Tengah (Sulteng) yang diadakan di Casa del Jazz, Roma, Rabu malam.

Pensosbud KBRI Roma, Aisyah Allamanda kepada Antara London, Jumat (19/10/2018), mengatakan acara dipandu dengan hangat oleh bintang televisi Italia, Veronica Maya.

Konser amal diisi dengan pertunjukan musik dari pemain biola kenamaan Robert McDuffie dengan iringan piano Elena Matteucci serta puisi dan soneta yang dibawakan aktor Davide Paganini dan aktris Elisabetta Pellini menjadi menu utama konser berdurasi satu jam tersebut.

Selain itu, tampil pula kuartet musisi muda binaan Rome Chamber Music Festival, pemain biola Misia Sebastianini, pemain biola Martina Santarone, pemain cello Simone Chiominto dan pianis Antonino Fiumara.

Berbagai foto-foto dan rekaman kegiatan Palang Merah Indonesia dalam membantu korban bencana alam Sulteng ditampilkan di layar latar belakang panggung.

Wakil Ketua Palang Merah Italia, Gabriele Bellocchi dalam sambutannya menyampaikan bahwa negaranya pernah merasakan sulitnya masa-masa penanganan darurat ketika gempa bumi terjadi di Italia tengah beberapa tahun lalu.

"Kita dibantu masyarakat internasional pada saat itu," ujarnya.

Saat ini, wilayah bencana di Italia tengah telah kembali dibangun namun pengalaman menjadi korban gempa bumi menggerakkan kami untuk aktif membantu mereka yang tengah kesusahan di Sulteng, Indonesia.

Mari kita bersama-sama mendonasikan dana berapapun besarnya untuk membantu Palang Merah Indonesia menyediakan air bersih, makanan, obat-obatan serta bantuan pencarian orang hilang di lokasi bencana, demikian Bellocchi.

Pada penghujung acara, Minister Counsellor KBRI Roma, Charles Hutapea, mewakili Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani menyampaikan rasa terima kasih sebesar-besarnya bagi kepedulian Palang Merah Italia atas inisiatif mulia ini.

Apresiasi juga ditujukan bagi pemerintah serta seluruh masyarakat Italia yang telah membantu korban bencana alam Sulteng.

Sebagai simbol ungkapan terima kasih yang mendalam, Charles Hutapea menutup sambutannya dengan permainan saksofon membawakan lagu "Heal the World" karya Michael Jackson, diiringi piano staf KBRI Roma, Harley Korompis.

Kejutan kecil tersebut pun disambut hangat para hadirin.

Organisasi Palang Merah Italia didirikan sejak 15 Juni 1864 dan saat ini memiliki sekitar 160 ribu sukarelawan yang tersebar di berbagai wilayah Italia.

Selain membuka kotak donasi di lokasi konser, Palang Merah Italia juga mengajak undangan dan publik menyumbang melalui situs resminya, www.cri.it.

Sumber : Antara