Advertisement

Astaga...130 Polisi di Jawa Tengah Kecanduan Narkoba

Newswire
Jum'at, 12 Oktober 2018 - 21:50 WIB
Bhekti Suryani
Astaga...130 Polisi di Jawa Tengah Kecanduan Narkoba Ilustrasi sabu-sabu. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG - Candu narkoba menghinggapi ratusan polisi yang bertugas di Jawa Tengah.

Sebanyak 130 oknum polisi di Jawa Tengah terpapar barang haram narkoba hingga menjadi pecandu. Selain menjalani sidang di internal Polri, mereka juga harus mengikuti rehabilitasi medik hingga latihan fisik untuk memulihkan kondisinya.

Advertisement

“Ini [periode rehabilitasi medik] yang ketiga. Ada yang 20 [personel] ada yang 30 [personel], rata-rata seperti itu. Total sekira 130 [personel total se-Jateng],” kata Kapolda Jateng, Irjen Condro Kirono usai meresmikan gedung rehabilitasi medik RS Bhayangkara Semarang, Jumat (12/10/2018).

Dia menyebutkan, seluruh personel Polri yang terlibat narkoba itu berasal dari polres-polres di jajaran Polda Jateng. Penanganan hukum dan pembinaan langsung diambil alih Polda Jateng hingga dilakukan rehabilitasi medik.

“Jadi kita inventarisasi dulu, ada [polisi] pengguna-pengguna narkoba laporan dari polres-polres. Jadi polres kita ajak, tidak usah berpikir nanti bagaimana rehabilitasi dan sebagainya. Di sidangnya di polda, kemudian menjalani hukuman di polda, baru direhabilitasi,” terangnya.

Menurutnya, angka penyalahgunaan narkoba di Jawa Tengah cukup tinggi. Bahkan, tercatat sedikitnya 300.000 warga telah terpapar narkoba. Untuk menunjang rehabilitasi anggota Polri maupun masyarakat, RS Bhayangkara Semarang kini dilengkapi beragam instalasi modern.

“Hari ini kita meresmikan tiga instalasi di Rumah Sakit Bhayangkara. Yang pertama terkait dengan rehabilitasi narkoba. Yang kedua, selama ini kita hanya punya 4 alat cuci darah, sekarang menjadi 20 alat untuk cuci darah. Kemudian yang terakhir kita meresmikan peralatan CT Scan yang sangat canggih,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pencegahan Kecelakaan Laut di Pantai Selatan, BPBD DIY: Dilarang Mandi di Laut

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement