AS Yakin Menang Perang Dagang atas Tiongkok

Mike Pompea - Reuters/Andres Kudacki
24 September 2018 18:25 WIB John Andhi Oktaveri News Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Menlu AS, Mike Pompeo mengatakan bahwa Amerika Serikat akan menang dalam perang dagang yang semakin intensif dengan Tiongkok.

Pernyataan itu disampaikannya sehari sebelum AS memberlakukan tarif impor senilai US$200 miliar terhadap Tiongkok.

"Kami yakin akan memenangkannya," kata Pompeo dalam wawancara di siaran Fox News sebagaimana dikutip ChannelNewsAsia.com, Senin (24/9/2019).

Dia menegaskan AS akan mendapatkan hasil yang memaksa Tiongkokuntuk berperilaku dengan cara yang tepat kalau ingin menjadi kekuatan. Caranya adalah mematuhi aturan hukum, transparan dan tidak mencuri kekayaan intelektual, katanya.

Pompeo mengatakan bahwa Presiden Donald Trump sangat menyukai mitranya dari TiongkokXi Jinping, tetapi mengatakan dia akan memberlakukan kebijakan yang seharusnya dinikmati oleh pekerja AS.

Sebelum pemilihan presiden, Amerika Serikat telah mengeluhkan bahwa Tiongkoktidak adil terhadap bisnis AS dan telah mencuri teknologinya. Tiongkok memaksa perusahaan AS untuk mengungkapkan rahasia sebagai syarat untuk beroperasi dalam ekonomi Asia yang tumbuh cepat.

Trump mengambil langkah tegas dalam perdagangan di seluruh dunia dengan mengenakan tarif impor sebesar US$200 miliar atas Tiongkok yang diberlakukan mulai hari ini.

Tiongkok membalasnya dengan meraup US$60 miliar atas produk impor AS. Kedua negara kemudian terlibat perang dagang yang kian sengit.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia