Advertisement

Tim Destana Lereng Lawu Bersiaga Antisipasi Banjir

Newswire
Jum'at, 14 September 2018 - 20:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Tim Destana Lereng Lawu Bersiaga Antisipasi Banjir Ilustrasi banjir. (Bisnis/Paulus Tandi Bone)

Advertisement

Harianjogja.com, NGAWIMendekati musim hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, kini menggelar simulasi tanggap bencana di wilayah rawan banjir guna mengedukasi masyarakat dalam hal penanganan bencana alam.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan BPBD Ngawi Suyanto mengatakan simulasi digelar di Desa Purwosari, Kecamatan Kwadungan, Ngawi, yang merupakan daerah langganan banjir akibat Sungai Bengawan Madiun yang meluap.

Advertisement

"Simulasi ini untuk mengantisipasi timbulnya banjir besar pada musim hujan mendatang. Hal itu menyusul kondisi alam dan hutan saat ini yang semakin parah," ujar Suyanto kepada wartawan, Rabu (13/9/2018).

Selain simulasi, pihaknya juga menyiagakan tim desa tanggap bencana (Destana) untuk penanganan dan kesiapsiagaan dalam mengevakuasi korban bencana.

Suyanto menambahkan selain antisipasi bencana banjir, pihaknya juga menyiagakan tim Destana di daerah lereng Gunung Lawu.

Hal itu untuk mengantisipasi potensi terjadinya bencana banjir bandang dan tanah longsor di lereng Lawu yang hutannya rusak parah akibat kebakaran.

Dia meminta warga yang tinggal di lokasi rawan bencana, khususnya di daerah aliran sungai dan lereng Gunung Lawu, agar meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana.

"Terlebih saat musim hujan mendatang. Kewaspadaan harus mulai diajarkan sedari dini, agar pada saat terjadi bencana tidak panik dan mampu bertindak dalam kondisi darurat," katanya.

Suyanto menambahkan pengetahuan tentang kesiapsiagaan dan penanganan bencana sangatlah penting. Sebab, semakin tinggi kesadaran masyarakat dalam antisipasi dan penangulangan bencana, maka semakin minim jumlah korban yang diderita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement