Advertisement

Gadis Belia Korban Perdagangan Manusia Dipulangkan ke Sukabumi

Newswire
Jum'at, 14 September 2018 - 17:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
Gadis Belia Korban Perdagangan Manusia Dipulangkan ke Sukabumi Ilustrasi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SUKABUMI-Gadis belia korban perdagangan manusia ke Malaysia yakni ES warga Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat akhirnya dipulangkan ke kampung halamannya dan saat ini sudah berkumpul lagi dengan keluarganya.

"Sebelum sampai ke rumah di Desa Wangunreja, Kecamayan Nyalindung. Adik [ES] dan kedua orang tua saya sempat dibawa dulu ke Mabes Polri untuk dimintai keterangan dan setelah itu dipulangkan ke kampung," kata kakak kandung korban Elah di Sukabumi, Jumat (14/9/2018).

Advertisement

Keluarga korban pun berterima kasih kepada media, pemerintah dan aparat keamanan lainnya yang telah membantu ES selama tersesat di Malaysia. khususnya WNI asal Bandung yang sudah lama menetap di Negeri Jiran tersebut, yakni Neng Ai Maryati yang menemukan korban dalam kondisi luntang-lantung dan tersesat.

Bahkan, keluarganya beberapa kali mengucapakan terima kasih kepada WNI itu yang telah merawat hingga mengawal kasus ini sampai ES dipulangkan ke Indonesia (kampung halamannya).

Setelah di kampung ES belum bisa memastikan apa yang akan dilakukannya, apakah akan melanjutkan sekolahnya atau menikah. Namun, karena ES masih berusia 16 tahun kemungkinan melanjutkan sekolahnya yang terputus karena kekurangan biaya.

Sementara, Enok ibu korban menambahkan kejadian ini menjadi pembelajaran bagi keluarganya apalagi baru mengenal orang baru yang mengiming-imingi pekerjaan seperti kepada ES.

"Rencana ke depannya diserahkan kepada ES yang terpenting baik buatnya dan bisa memilah dan memilih lagi setiap kali akan berbuat sesuatu," tambahnya.

Informasi yang dihimpun pada kasus ini Mabes Polri menangkap lima terduga pelaku Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yakni Jakin Sudrajat alias JS, Yuliawati alias YL, Imronsyah alias IM, Tamrin dan Alfian Saputra alias AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Soimah Pancawati Masuk Radar Calon Bupati Bantul, PDIP Akan Sodorkan Formulir

Bantul
| Jum'at, 19 April 2024, 18:32 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement