Advertisement

Nasib Hutan di Sumatra Jadi Kunci Tercapainya Target "Paris Agreement"

Newswire
Jum'at, 14 September 2018 - 19:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
Nasib Hutan di Sumatra Jadi Kunci Tercapainya Target Ilustrasi hutan hujan tropis Sumatra - Ist/basecamppetualang.blogspot.com

Advertisement

Harianjogja.com, SAN FRANCISCO-Tercapai atau tidaknya target "Paris Agreement" salah satunya tergantung dari nasib hutan-hutan di Sumatra. Hal itu diungkapkan Wakil Kepala Conservation International (CI), Harrison Ford dalam Global Climate Action Summit (GCAS) di San Francisco, Amerika Serikat, Kamis.

"Selama hutan di Sumatra dan Brasil masih terbakar maka target penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) sesuai Paris Agreement sulit tercapai," kata Ford.

Advertisement

Aktor Hollywood pemeran Indiana Jones ini mengatakan, jika masyarakat global tidak menyetop merusak hutan, tidak ada lagi yang penting di dunia ini. Karena melindungi dan merestorasi hutan dapat menjadi "carbon sink", yang artinya mewakili 30 persen dari apa yang harus dilakukan untuk menghindari katastropik.

Saat ini, ia mengatakan satu-satunya solusi yang memungkinkan untuk menyerap karbon dengan skala global tidak lain yang perlu dilakukan adalah melindungi hutan.

"Jika kita tidak bisa melindungi hutan, kita tidak bisa melindungi diri kita sendiri," ujar Ford.

Lebih lanjut, ia mengatakan perlu memperhitungkan menjaga hutan di setiap level kebijakan pemerintahan yang dibuat untuk mencapai target pengendalian perubahan iklim.

Investasi merawat mangrove, hutan tropis, bersamaan dengan mengembangkan energi baru terbarukan, berhenti merusak ekosistem, berkomitmen mengamankannya ekosistem untuk masa depan, melakukan riset dan reforestasi seperti mengejar riset untuk penyimpanan dan penangkapan karbon.

"Memberdayakan komunitas adat, gunakan pengetahuan mereka, menjaga warisan budaya dan lahan mereka, hormati dan pastikan hak mereka," lanjutnya.

Yang terjadi saat ini nelayan di Kolombia sama-sama menderita dengan nelayan di Somalia karena perubahan iklim. Sementara masyarakat Amerika Serikat di pesisir timur menderita karena badai, sedangkan yang ada di barat California menderita karena kebakaran hutan.

"Jika ingin selamat di bumi kita sendiri, kita butuh alam lebih dari sebelumnya. Alam tidak butuh manusia, tapi manusia butuh alam. Jadi mari jaga hutan dan alam kita," kata Ford.

Ford menjadi pembicara terakhir dalam sesi "Opening Plenary: A Brighter Future" di GCAS hari pertama setelah Utusan Khusus Sekjen PBB dari Amerika Serikat untuk Perubahan Iklim Michael R Bloomberg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement