Advertisement

Waduh, Bukit Teletubbies di Bromo Kebakaran

Newswire
Senin, 03 September 2018 - 00:32 WIB
Kusnul Isti Qomah
Waduh, Bukit Teletubbies di Bromo Kebakaran Bukit Teletubbies kebakaran. - Okezone

Advertisement

Harianjogja.com, MALANG-Bukit Teletubbies di wilayah hutan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo terbakar. Kebakaran tersebut terjadi sejak Sabtu siang sekitar pukul 11.30 WIB (1/9/2018).

Kebakaran awalnya terjemadi di Blok Watu Gede Jemplang, Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten. Namun, karena tiupan angin yang kencang api menjalar ke arah utara di blok savana hingga Bukit Teletubbies yang masuk wilayah Kabupaten Probolinggo.

Advertisement

Kapolsek Poncokusumo AKP Agus Siswo mengatakan, api di Desa Ngadas sudah berhasil dipadamkan pada Sabtu sore, namun beberapa titik api di masih terlihat di sekitar wilayah Kabupaten Probolinggo.

"Tiupan angin membuat api kembali membesar. Kita kerahkan ratusan mulai dari kepolisian, TNI, BPBD, SAR, hingga para relawan untuk memadamkan api sejak Minggu pagi jam 06.00 WIB," ungkap Agus Siswo saat dihubungi Okezone, Minggu (2/9/2018).

Agus menambahkan jumlah lahan terbakar di kawasan TNBTS yang masuk wilayah Desa Ngadas, Poncokusumo, Kabupaten Malang, mencapai sekitar 20 hektare.

"Yang terbakar tanaman dan pohon-pohon seperti akasia, cemara, dan semak belukar atau alang-alang," bebernya.

Namun saat ditanya terkait asal titik, Agus belum bisa menjelaskan asal muasalnya, dirinya hanya memfokuskan pada proses pemadaman supaya api bisa segera padam.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), John Kenedie mengatakan upaya pemadaman dan pendinginan masih terus dilakukan hingga Minggu sore.

"Titik api sudah padam sekarang dilakukan masih pendinginan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembangkan Digitalisasi UMKM, Pemkot Libatkan Mahasiswa

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement