Advertisement

Guru Madrasah Harus Miliki Karakter

M. Syahran W. Lubis
Kamis, 30 Agustus 2018 - 15:10 WIB
Laila Rochmatin
Guru Madrasah Harus Miliki Karakter Ilustrasi guru - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Kementerian Agama mengingatkan guru madrasah harus miliki karakter dalam melaksanakan tugas mengajar.

“Bagaimana anak-anak didik memiliki karakter, jika gurunya tidak memiliki karakter dan kepribadian,” ucap Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Suyitno.

Advertisement

Dia mengemukakan hal itu ketika memberikan sambutan pada kegiatan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah se-Kabupaten dan Kota Blitar, Jawa Timur, pada Selasa (28/8/2018) dan dilansir website resmi Kemenag pada Rabu (29/8/2018).

Suyitno mengutarakan UU No. 14/2005 tentang Guru dan Dosen menyebutkan seorang guru harus memiliki kepribadian selain sosial dan profesional. "Kepribadian yang saya maksud adalah kepribadian Indonesia. Guru yang hebat dan bermartabat adalah guru yang memiliki kepribadian Indonesia," jelas dia.

Menurut Suyitno, di balik prestasi anak-anak yang menjuarai berbagai lomba di bidang pendidikan baik tingkat nasional maupun internasional, ada perjuangan guru yang hebat.
Dia menegaskan guru merupakan garda terdepan dalam membentuk kualitas putra-putri negeri ini. "Kalau kualitas guru rendah, bukan tidak mungkin kualitas anak didik akan ikut rendah," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri Hari Ini, Cek Lokasi dan Tarifnya di Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement