Advertisement

2020, Depresi Bakal Jadi Beban Kesehatan Kedua

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 30 Agustus 2018 - 14:10 WIB
Laila Rochmatin
2020, Depresi Bakal Jadi Beban Kesehatan Kedua Ilustrasi depresi. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Kesehatan mental masih menjadi salah satu permasalahan kesehatan di Indonesia yang perlu mendapatkan perhatian khusus, jika diabaikan dapat mengarah pada stres dan berujung pada depresi berkepanjangan.

Menurut World Health Organization (WHO), pada tahun 2016 data WHO menunjukkan terdapat sekitar 35 juta orang di dunia terkena depresi dan diprediksikan pada 2020 mendatang, depresi akan menjadi beban kesehatan nomor dua setelah kardiovaskular.
Di Indonesia sendiri angka penderita stres dan depresi menunjukkan peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun.

Advertisement

Menurut Eva Suryani, Kepala Divisi Edukasi dan Training Asosiasi Psikiatri Indonesia, Wilayah DKI Jakarta, hal tersebut dilatarbelakangi oleh tekanan hidup yang semakin rumit seperti tekanan sosial dan ekonomi, tekanan pekerjaan, tingkat kemacetan dan lain sebagainya.

Hasil riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kemenkes 2013 pun menunjukan prevalensi gangguan mental emosional biasanya terjadi dengan gejala-gejala depresi serta kecemasan untuk usia 15 tahun keatas dan ada sekitar 6% dari jumlah penduduk Indonesia.

“Di lain sisi banyak penderita yang tidak menyadari akan gejala awal stres yang mereka alami dapat berpotensi memicu depresi yang berkelanjutan," ujarnya, Kamis (30/8/2018.

Eva yang juga merupakan psikiater di fitur Kontak Dokter Halodoc menambahkan jumlah tenaga dan fasilitas kesehatan mental profesional di Indonesia masih tergolong minim. Berdasarkan standar yang ditetapkan oleh WHO idealnya perbandingan antara tenaga kesehatan dan pasien yakni 1:30.000 orang atau sekitar 0,03 per 100.000 penduduk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Daftar Tarif Tol Trans Jawa untuk Mudik Lebaran 2024, Jakarta-Jogja Rp507 Ribu

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement