Advertisement

Demi Menyelamatkan Tali Bendera yang Putus, Anggota TNI Ini Rela Panjat Tiang

Newswire
Jum'at, 17 Agustus 2018 - 17:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Demi Menyelamatkan Tali Bendera yang Putus, Anggota TNI Ini Rela Panjat Tiang Bendera Merah Putih. - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN-Biasanya, ada saja kejadian di luar dugaan dalam upacara bendera yang khidmat. Kejadian itu mulai dari peserta atau petugas yang pingsan hingga kesalahan tertentu. Biasanya saat-saat yang paling mendebarkan adalah sewaktu prosesi pengibaran bendera.

Alasannya karena banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Sebut saja seperti kesalahan pergerakan formasi, penarikan bendera yang terkendala karena tali terbelit, hingga posisi bendera yang terbalik. Bahkan yang paling mengejutkan adalah bila tali pengait bendera lepas. Tentu kondisi itu membuat prosesi pengibaran bendera tidak bisa dilakukan.

Advertisement

Hal inilah yang dialami oleh pasukan pengibar bendera di Lapangan Barepan, Cawas, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Dikutip Okezone dari akun Instagram @kabarklaten, Jumat (17/8/2018), insiden terlepasnya tali pengait bendera berhasil diatasi oleh seorang prajurit TNI. Dalam video tersebut terlihat sang prajurit nekat memanjat tiang bendera tanpa pengaman untuk mengambil tali yang berada di atas.

Sambil membentangkan bendera merah putih. Setelah berhasil mendapatkan tali yang terlepas, prajurit TNI itu kemudian turun sambil membawa tali. Sesampainya di bawah, tali tersebut kemudian di kaitkan ke bendera. Dengan begitu prosesi pengibaran bendera merah putih dalam rangka memeringati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 bisa kembali dilanjutkan.

Aksi prajurit tersebut juga cukup mendapatkan banyak pujian setelah video tersebut diunggah kembali oleh akun gosip @makrumpita. "Wuihh hebat.. demi bendera tetap berkibar. lebih hebat lagi bapaknya naik tiang bendera setipis itu bisa. Brarti klo lomba panjat pinang pasti juara niy.. ," tulis akun @marlena0986.

Ada pula yang berkomentar, "odhotdevy Terharu, bukti nyata klu kita cinta tanah air qt. Salut saya sama pengorbanan anda. #mbrebesmili." Sementara itu, diketahui peristiwa yang sama juga terjadi di Atambua, Nusa Tenggara Timur. Bahkan yang nekat memanjat tiang bendera adalah anak SMP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement