Advertisement

Ada Fakultas Keolahragaan di UNS

Kusnul Isti Qomah
Minggu, 12 Agustus 2018 - 12:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Ada Fakultas Keolahragaan di UNS Ilsutrasi UNS. - JIBI/M. Ferri Setiawan

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO-Setelah beberapa tahun menunggu, Universitas Sebelas Maret (UNS) akan memiliki fakultas baru. Senin (13/8/2018), Rektor UNS Surakarta Prof Ravik Karsidi akan meresmikan Fakultas Keolahragaan (FKor) pada rangkaian acara Pelantikan Mahasiswa Baru di Lapangan Rektorat UNS, Kentingan Surakarta.

Peresmian akan ditandai dengan penyerahan Pataka oleh Rektor UNS kepada Pelaksana Tugas (Plt.) Dekan Fakultas Keolahragaan Prof Joko Nurkamto didampingi oleh Ketua Senat UNS Prof Suntoro, Ketua Senat Fakultas Keolahragaan Prof Sugiyanto, serta Plt. Wakil Dekan Fakultas Keolahragaan.

Advertisement

Fakultas Keolahragaan (FKor) merupakan pengembangan dari program studi (prodi) Kepelatihan dan prodi Jasmani dan Rekreasi yang sebelumnya menginduk pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Fakultas Keolahragaan (FKor) yang baru dibuka ini akan memiliki prodi Program Sarjana (S1) Pendidikan Kepelatihan Olahraga, dan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Program Magister (S2) Ilmu Keolahragaan. dan Program Doktor (S3) Ilmu Keolahragaan.

Dengan kehadiran FKor, maka kini UNS tercatat telah mempunyai sebelas fakultas. Proses pendirian FKor sendiri, berawal dari usulan Rektor UNS ke Kemenristekdikti, setelah sebelumnya mendapat rekomendasi dari Menpora dan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. pada 2015 silam .

Rektor UNS, Prof Ravik Karsidi berharap ke depan FKor bisa berperan aktif, dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan bisa menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional di bidang keolahragaan.

“Selain itu tentunya kita harapkan FKor mampu menghasilkan temuan penelitian yang berkualitas dan berdampak strategis pada perkembangan keolahragaan di tingkat nasional dan internasional," ujar dia dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Sabtu (11/8/2018).

Rektor UNS menyatakan pendirian FKor tersebut telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan Kemenristekdikti, diantaranya tersedianya tenaga pengajar, dan tenaga pendidikan yang profesional untuk mengelola progam S-1, S-2 serta S3. Sarana penunjang seperti gedung perkuliahan, fasilitas dan peralatan pembelajaran mahasiswa lainnya juga sudah lengkap sehingga sangat layak menjadi fakultas.

Rektor optimistis FKor akan mampu menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa, karena selama ini peminat jurusan olahraga sendiri terbilang sudah cukup tinggi. Bahkan akreditasi Progam Studi Olahraga di UNS juga sudah mendapatkan akreditasi A.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bertanding Malam Ini, Berikut Susunan Pemain dan Head to Head Persik Kediri vs PSS Sleman

Sleman
| Rabu, 24 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement