Advertisement

Jadi Terduga Teroris di Negeri Orang, 3 WNI Akan Dipulangkan Paksa

Newswire
Jum'at, 20 Juli 2018 - 21:50 WIB
Bhekti Suryani
Jadi Terduga Teroris di Negeri Orang, 3 WNI Akan Dipulangkan Paksa Ilustrasi terorisme - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Tiga WNI yang diduga teroris akan dipulangkan paksa ke Indonesia setelah tertangkap di Indonesia.

Wakapolri Komjen Pol Syafruddin mengaku sedang berkoordinasi dengan pihak Polisi Diraja Malaysia (PDRM) membahas pemulangan tiga WNI yang tertangkap di Malaysia karena diduga kuat terlibat jaringan teroris internasional atau ISIS.

Advertisement

Menurut Syafruddin, status hukum ketiga WNI itu akan diproses di Indonesia perihal dugaan afiliasi dengan kelompok ISIS. Penyidik akan langsung melakukan pemeriksaan dan penyelidikan berkaitan dengan tuduhan polisi Malaysia tersebut.

"Sedang dikoordinasikan dengan aparat Diraja Malaysia antara BNPT dan PDRM. Nanti kalau sudah selesai, bisa kita bawa pulang, nanti kita akan investigasi di sini," kata Syafruddin di PTIK, Jakarta Selatan, Jumat (20/72018).

Seperti diketahui, kepolisian Malaysia menangkap tujuh terduga terorisme, tiga di antaranya pria berpaspor Indonesia, masing-masing ditangkap antara 12-17 Juli 2018. Salah satu yang ditangkap diduga telah berjanji setia dan menerima pelatihan militer dari Negara Islam Indonesia (NII).

Seorang tersangka lainnya diduga terkait dengan seorang anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang terlibat dalam pembunuhan 10 Mei terhadap perwira polisi Indonesia di Jawa Barat.

Informasi penangkapan tiga WNI itu dibenarkan pihak Mabes Polri setelah mendapat pemberitahuan dari kepolisian Malaysia.

"Saya ingin sampaikan, ini ada penangkapan warga Indonesia di Malaysia, ada tiga orang yang diduga terafiliasi dengan kelompok ISIS," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Gedung DPR RI Jakarta pada Kamis 19 Juli 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Transformasi Digital UMKM, Diskominfo DIY Gelar Pelatihan E-Business

Bantul
| Kamis, 18 April 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement