Advertisement

Perkuat Kualitas Ibadah, 142 Orang di Padang Dilatih Jadi Imam Tetap Masjid

Newswire
Rabu, 18 Juli 2018 - 11:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
Perkuat Kualitas Ibadah, 142 Orang di Padang Dilatih Jadi Imam Tetap Masjid Ilustrasi ibadah salat. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, PADANG-Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat mengadakan pelatihan bagi 142 imam tetap masjid dan musala di daerah itu. Pelatihan ini digelar untuk memperkuat kualitas ibadah salat, pada 17-18 Juli 2018.

"Pelatihan khusus pada hafalan dan lafal Alquran dari masing-masing imam sebelum memimpin salat berjamaan di tempat masing-masing," ujar Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekdakot Padang Jamilus di Padang, Rabu (18/7/2018).

Advertisement

Dia menjelaskan pelatihan ini lebih kepada ujian kelayakan imam tetap masjid dalam memimpin salat berjamaah.

Meski secara individu imam tetap masjid memiliki kelebihan dalam hal hafalan surat atau ayat serta mempunyai seni dalam pelafalan, pelatihan ini bermanfaat untuk mempertajam sekaligus berbagi pengalaman.

Selain terkait pelafalan dan hafalan Alquran, pelatihan ini juga dalam rangka memperkuat kemampuan imam tetap masjid dalam membina jamaahnya.

Tentu saja selain memimpin salat, imam tetap masjid juga kerap memberikan pemahaman tentang agama khususnya kandungan Alquran dan hadis kepada jemaahnya.

Dengan adanya pemberian materi dari narasumber berkompeten, ilmu dari imam masjid diharapkan bertambah sehingga dapat diimplementasikan sehari-hari.

Pada pelatihan ini terdapat materi antara lain ikhtilaf fiqih dalam salat berjamaah, kedudukan imam masjid dalam Islam, tajwid dasar, adab Islam sesuai tuntunan, fiqih salat berjamaah, keutamaan membaca Alquran, akhlak dan etika imam, serta kebijakan pemkot dalam keagamaan.

Adapun narasumber berasal dari ulama, profesional akademisi, ustaz dan tokoh Islam lainnya di Sumbar.

Kegiatan ini kata dia akan dilaksanakan secara berkelanjutan dan menyeluruh untuk imam masjid dan musala di Padang yang jumlahnya lebih dari 1.000 unit pada sebelas kecamatan dan 104 kelurahan.

Secara keseluruhan upaya melatih imam ini bagian dari langkah pemkot dalam memperkuat kualitas sumber daya manusia berdasarkan bidang keagamaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement