Advertisement

Amankan Pawai Asian Games, Sebanyak 2.400 Personel Polda DIY Diterjunkan

Newswire
Selasa, 17 Juli 2018 - 16:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
Amankan Pawai Asian Games, Sebanyak 2.400 Personel Polda DIY Diterjunkan Ilustrasi Asian Games 2018. - JIBI/Nicolous Irawan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Sebanyak 2.400 personel polisi akan diterjunkan untuk mengamankan pawai Obor Asian Games 2018 di DIY. Hal itu diungkapkan Kepala Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta Brigadir Jenderal Ahmad Dhofiri.

"Kami akan memberikan pengamanan semaksimal mungkin supaya (pawai Obor Asian Games) berjalan lancar," kata Dhofiri di Museum Pusat Dirgantara Lanud Adisutjipto, Sleman, Selasa (17/7/2018).

Advertisement

Menurut Dhofiri, dengan 2.400 personel yang diterjunkan, Polda DIY akan membuat pagar betis di sepanjang rute yang akan dilalui pawai.

Rute pawai Obor Asian Games 2018 di DIY pada 19 Juli dimulai dari Tugu Jogja melintasi Jalan Mangkubumi, Malioboro, Titik Nol Kilometer hingga Alun-Alun Jogja. Setelah pawai sampai kembali di Tugu Jogja, Obor Asian Games akan dilepas oleh Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti kepada Panitia Inasgoc untuk dibawa ke Solo, Jawa Tengah.

"Rute pawai hampir 7 hingga 8 kilometer sehingga nanti ada pagar betis karena penontonnya juga akan banyak," tutur Dhofiri.

Mengenai peristiwa penangkapan terduga teroris oleh Densus 88 di DIY beberapa waktu lalu, Dhofiri yakin tidak akan memengaruhi situasi keamanan selama pawai Obor Asian Games.

"Insiden itu saya kira tidak ada masalah. Itu menjadi bagian pengamanan kami sehingga jalannya pawai aman dan lancar," kata dia.

Sebelumnya, Kepala Bidang Humas Polda DIY Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Yulianto mengatakan Polda DIY membentuk satuan tugas khusus Anti Kejahatan Jalanan untuk mengamankan pawai Obor Asian Games 2018 yang akan melintasi wilayah DIY.

Satgas Anti-Kejahatan Jalanan, menurut Yulianto, memiliki tugas memastikan keamanan pawai dari berbagai potensi kriminalitas seperti begal, copet, serta aksi terorisme yang dapat mengganggu keamanan pawai obor tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement