Advertisement

Pekan Depan, Pemerintah Umumkan Formasi CPNS 2018

Newswire
Sabtu, 14 Juli 2018 - 18:37 WIB
Nina Atmasari
Pekan Depan, Pemerintah Umumkan Formasi CPNS 2018 Peserta ujian computer Assisted Test (CAT) calon pegawai negeri sipil (CPNS) mendengarkan arahan petugas sebelum melaksanakan ujian di Graha Soloraya kantor Bakorwil II Gladak, Solo, Kamis (16/10). - Solopos/Ardiansyah Indra Kumala

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pencari kerja sebaiknya siap-siap. Pekan depan, pemerintah segera menetapkan formasi untuk seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Pemerintah saat ini masih melakukan kajian terhadap usulan daerah.

Hal ini untuk mengetahui kebutuhan PNS setiap instansi. “Dalam waktu dekat, minggu depan, saya akan memutuskan formasi PNS yang baru untuk direkrut,” tandas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Jumat (13/7/2018).

Advertisement

Menurut dia, Kemenpan- RB saat ini masih memfinalkan usulan dari beberapa daerah. Hal ini dilakukan agar formasi yang ditetapkan sesuai dengan kebutuhan daerah. “Tinggal beberapa kabupaten yang belum final. Nanti sekaligus kita umumkan,” ungkapnya.

Asman mengatakan, jajarannya telah melakukan kajian secara mendalam sehingga formasi yang ditetapkan tidak lagi asal-asalan. Hal inilah yang membuat penetapan formasi membutuhkan waktu yang tidak sebentar. “Kerjanya tidak simpel. Kita tidak mau mendesain sebuah rencana SDM yang salah.

Makanya, kebutuhan kita sesuaikan dengan jabatan yang mau diisi. Tidak boleh salah,” tandasnya. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam penetapan CPNS adalah jumlah pensiun dan belanja pegawai. Karena itu, ujarnya, penetapan formasi dilakukan secara hati-hati.

“Patokannya ada. Jumlah yang pensiun berapa, ada rumus-rumusnya, termasuk belanja pegawai berapa. Jadi di lihat satu-satu,” paparnya. Seperti diketahui, pemerintah akan membuka seleksi CPNS kembali tahun ini. Merujuk pada angka pensiun, pemerintah akan merekrut di bawah angka 220.000.

Selain itu, juga akan diberikan kuota khusus bagi guru sebanyak100.000. Kepala BKN Bima Harya Wibisana mengatakan, untuk tahun ini formasi yang dibuka sebagian besar untuk pemerintah daerah. Hal ini mengingat tahun lalu kementerian/lemba ga telah diberikan formasi.

“Kementerian/lembaga tetap ada tapi dapat sedikit,” kata Bima. BKN pun saat ini tengah mempersiapkan segala sarana dan prasarana untuk seleksi CPNS. Berkaca pada seleksi tahun lalu yang hanya membuka kurang lebih 37.000 dengan jumlah pendaftar mencapai 2 juta, tahun ini sudah disiapkan antisipasinya. “Jadi, kita ada antisipasi untuk 10 juta pendaftar. Ini supaya kita tidak keteteran. Misalnya kita siapkan 5 juta, yang daftar 10 juta, kan susah,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement