Advertisement

Uang Rp250 Juta di ATM Digerogoti Tikus

Martin Sihombing
Sabtu, 23 Juni 2018 - 11:50 WIB
Bhekti Suryani
Uang Rp250 Juta di ATM Digerogoti Tikus  Tikus - counterclokwise.com

Advertisement

Harianjogja.com, GUWAHATI - Uang senilai lebih ari Rp250 juta di mesin ATM di India terbuang sia-sia lantaran digerogoti tikus.

Ketika teknisi bank di India akhirnya dipanggil untuk menyelidiki mengapa ATM (Anjungan Tunai Mandiri) tidak bisa digunakan selama beberapa hari, mereka mulai mencium bau tikus.

Advertisement

Ternyata mereka menemukan di dalam ATM itu uang kertas rupee India senilai hampir US$18.000 atau lebih dari Rp250 juta dan seekor tikus mati yang entah bagaimana bisa masuk dan menghindari kamera keamanan mesin dan memakan uang-uang kertas tersebut, kata seorang pejabat Bank Negara India (SBI) pada Kamis (21/6/2018).

"Mesin ATM tak berfungsi selama beberapa hari dan ketika teknisi kami buka anjungan itu, kami kaget menemukan kepingan-kepingan uang kertas sampai ada yang hancur dan seekor tikus mati," kata Chandan Sharma, manajer cabang SBI di Tinsukia, Assam, negara bagian di timur laut India.

"Kami mulai menyelidiki insiden yang jarang terjadi ini dan akan mengambil langkah-langkah agar jangan terulang lagi." SBI merupakan bank terbesar di India dengan lebih 50.000 ATM yang tersebar di seluruh negara itu. Sebagian besar ATM di India memiliki kamera tersembunyi yang dipasang untuk alasan keamanan.

Sharma mengatakan rekaman di kamera di ATM di Tinsukia menunjukkan tak ada tikus masuk. Dari 2,9 juta rupee (US$42.685) di ATM itu, 1,7 juta rupee (US$25.022) ditemukan dalam keadaan utuh.

Namun,  uang kertas senilai 1,2 juta rupee (US$17,662) rusak. Foto-foto yang diambil wartawan setempat dan dikaji oleh Reuters setelah mesin ATM dibuka memperlihatkan kepingan-kepingan uang kertas bernilai 500 dan 2000 rupee berwarna abu-abu dan ungu.

 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : ANTARA/REUTERS

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement