Advertisement

Kapal Feri Tenggelam di Danau Toba, Satu Tewas

Martin Sihombing
Senin, 18 Juni 2018 - 23:50 WIB
Nugroho Nurcahyo
Kapal Feri Tenggelam di Danau Toba, Satu Tewas Ilustrasi perahu motor di Danau Toba menuju pulau Samosir, Sumatra Utara - Antara/Anis Efizudin

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -  Sedikitnya 18 orang diselamatkan dan satu orang dikonfirmasi tewas dari antara sekitar 80 penumpang di atas kapal feri yang tenggelam Senin di Danau Toba di provinsi Sumatra Utara Indonesia, seorang pejabat badan bencana mengatakan.

Kapal feri Sinar Bangun tenggelam akibat dihempas cuaca buruk sekitar pukul 5.30 WIB satu mil dari pelabuhan Tigaras. Kapal itu membawa penumpang dari Pulau Samosir.

Jurubicara Badan Mitigasi Bencana (BNPT) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan upaya pencarian dan penyelamatan telah melibatkan dua feri lain dan satu perahu kayu telah terhambat oleh kondisi cuaca di daerah itu pada Senin malam.

Belum jelas apakah ada penumpang yang hilang adalah orang asing.

Kecelakaan feri sering terjadi di Indonesia, sebuah kepulauan yang luas, terutama selama hari raya Idulfitri ketika jutaan orang melakukan perjalanan tahunan melalui darat, laut, dan udara ke kampung halaman mereka setelah bulan suci Ramadan.

Pekan lalu, sebuah longboat yang membawa sekitar 43 orang tenggelam di Makassar di pulau Sulawesi, menewaskan 13 orang. Di hari yang sama, sebuah speedboat yang membawa 30 penumpang tenggelam di Sumatra Selatan, menewaskan sedikitnya dua orang.

Danau Toba, tujuan wisata populer yang dipromosikan oleh pemerintah, mengisi kaldera gunung berapi raksasa dan merupakan danau terbesar di Indonesia dan salah satu yang terdalam di dunia.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Reuters

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Anak Bendahara Umum DPP PAN Akhirnya Resmi Maju Lagi di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini

Gunungkidul
| Kamis, 18 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement