Advertisement

AirNav Gelar Festival Balon Udara di 3 Daerah, Yuk Nonton!

Nina Atmasari
Minggu, 17 Juni 2018 - 22:17 WIB
Nina Atmasari
AirNav Gelar Festival Balon Udara di 3 Daerah, Yuk Nonton! Ilustrasi dampak balon udara pada penerbangan. - Ditjen Hubud/AirNav Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Dalam rangka menyebarluaskan cara menerbangkan balon udara tradisional yang selaras dengan keselamatan penerbangan, Kementerian Perhubungan bersama Air Nav dan stakeholder penerbangan menginisiasi festival balon udara tradisional di Wonosobo, Ponorogo dan Pekalongan.

Dalam informasi uang diunggah akun twitter @AirNav_Official, disebutkan kegiatan akan dimulai di Wonosobo yakni Lapangan Geo Dipa Energi Jl. Raya Banjarnegara-Wonosobo, Selasa (19/6/2018), diikuti Ponorogo Kamis (21/6/2018) Lapangan Jepun Balong dan Pekalongan (216/2018) Lapangan Bumi Rejo untuk wilayah Barat dan Lapangan Kuripan untuk wilayah selatan.

Advertisement

Dalam festival ini, panitia menetapkan sejumlah persyaratan yang ketat. Tujuannya, untuk menjaga keamanan dalam menerbangkan balon udara. Aturan tersebut di antaranya, balon udara yang mengikuti perlombaan harus ditambatkan menggunakan tambang yang disediakan oleh panitia.

Balon udara yang terlepas dan terbang ke udara akan secara otomatis didiskualifikasi dan anggota tim tidak mendapatkan doorprize.

Ukuran balon udara tinggi 7 meter dan diameter 4 meter, ketinggian maksimal 30 meter sesuai dengan tambang dan penambat yang telah disediakan panitia.

Peserta membawa balon udara yang rangkanya telah diberi tambang alat pengapian dan bahan bakarnya (jerami atau sabut kelapa).

Proses persiapan dan pengapian maksimal 20 menit, balon udara maksimal terbang selama 30 menit di udara, setelah itu wajib diturunkan. Balon udara yang telah diterbangkan menjadi hak milik panitia.

Balon udara tidak boleh dilengkapi dengan alat lain yang dapat membahayakan (petasan dsb), pemasangan bahan membahayakan akan didiskualifikasi.

Pendaftaran festival ini sudah berlangsung 5-14 Juni 2018.

Peserta akan memperebutkan hadiah total uang tunai Rp70 juta rupiah, grandprize paket umrah, tiket pesawat, doorprize dan hadiah menarik lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Rekomendasi Makanan Takjil Tradisional di Pasar Ramadan Kauman Jogja

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 15:12 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement