Jokowi Mudik ke Solo, 1.300 Personel Gabungan Siaga

Presiden Jokowi di kediaman pribadinya di Banyuanyar, Banjarsari, Solo. (Solopos/Dok)
14 Juni 2018 20:17 WIB Indah Septiyaning Wardhani News Share :

Harianjogja.com, SOLO — Lebaran identik dengan mudik ke kampung halaman. Hal itu seperti juga dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Orang nomor satu di Indonesia ini direncanakan pulang ke kampung halaman di Sumber, Solo seusai gelaran open house Hari Raya Idulfitri di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (15/6/2018).

Presiden Jokowi akan mudik seperti biasanya untuk Lebaran bersama keluarga di Solo. Apakah ada pembagian sembako? Komandan Korem (Danrem) 074/ Warastratama Kolonel Inf Widi Prasetijono mengatakan belum menerima kepastian terkait ada tidaknya pembagian sembako dalam mudik Presiden Jokowi ke Solo itu.

Jajaran TNI dan Polri di Kota Solo mulai mempersiapkan diri mengantisipasi segala bentuk ancaman keamanan saat kedatangan Presiden Jokowi. Widi mengatakan ada 1.300 personel gabungan TNI dan Polri dalam kegiatan pengamanan wilayah.

Kendati demikian, dia mengaku belum mengetahui jadwal kegiatan Presiden di Solo. Dari informasi sementara yang diterimanya, Presiden akan melaksanakan open house di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (15/6/2018).

“Biasanya musim mudik Lebaran beliau [Presiden] pulang kampung bertemu keluarga, kemungkinan besok [Jumat] ke Solo, tapi belum tahu berapa lama," katanya ditemui wartawan di Makorem 074/Warastratama, Kamis (14/6/2018).

Dia mengatalan telah melakukan rapat koordinadisi TNI dan Polri untuk pengamaman kepala negara. Pengamanan disiagakan untuk mengantisipasi ancaman keamanan di Kota Solo. “Kami diperintah tidak diperintah harus mempersiapkan diri.”

Kepala Dinas Kesehatan Solo (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih mengatakan menyiagakan tim kesehatan plus satu unit mobil ambulans di lingkungan kediaman Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Sumber.

Tim kesehatan disiagakan mobile dan akan disiagakan penuh saat Presiden pulang kampung. “Dokter, perawat dan asisten perawat kita siagakan. Tim dilengkapi dengan obat-obatan dan mobil ambulans,” katanya.

Dia mengatakan kerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Muwardi Solo atau tim 118 yang stand by di ring satu bersama tim kesehatan kepresidenan. Dia mengatakan petugas kesehatan diterjunkan full tim selama 24 jam selama Presiden pulang kampung.

Sumber : Solopos