Advertisement

Pilkada Sebentar Lagi, KPK Ingatkan Warga Jangan Pilih Pemimpin Berlatar Korupsi

Newswire
Selasa, 12 Juni 2018 - 01:50 WIB
Bhekti Suryani
Pilkada Sebentar Lagi, KPK Ingatkan Warga Jangan Pilih Pemimpin Berlatar Korupsi Ilustrasi Korupsi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) di berbagai daerah di Indonesia tinggal menghitung hari. Masyarakat pun diwanti-wanti jangan memilih pemimpin korup.

Masyarakat di 171 daerah di Indonesia akan memilih pemimpin dalam Pilkada serentak pada 27 Juni 2018. Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang mengingatkan kembali masyarakat agar memilih pemimpin yang bersih dari korupsi.

Advertisement

Sebelum menjatuhkan pilihannya, masyarakat diminta untuk cerdas memahami dengan detail latar belakang calon pemimpin hingga dipastikan bebas dari korupsi. Pasalnya, satu suara diberikan saat pilkada menentukan arah pembangunan lima tahun ke depan.

"Memilih pemimpin itu harus dengan pikiran hati dan perbandingan yang detail satu calon dengan calon yg lain. Jangan lihat di permukaan," kata Saut Situmorang, Senin (11/6/2018).

KPK sudah memproses sejumlah calon kepala daerah yang diduga terlibat kasus korupsi. Beberapa hari lalu, KPK juga menangkap calon kepala daerah petahana di Tulungagung karena diduga menerima suap dari pengusaha.

Menurut Saut, kebanyakan calon kepala daerah yang lahir dari sekadar janji-janji, atau melakukan cara yang tidak halal yakni membagi-bagikan uang (politik uang) kepada masyarakat, berpotensi menjadi pemimpin yang korup.

"Beban berat itu bisa datang dari janji-janji yang tidak realistis, politik uang, tidak konsisten kata dan perbuatan," terangnya.

Saut berharap masyarakat dapat berperan serta aktif dalam penyelenggaraan pilkada yang bersih. Salah satunya yakni melaporkan apabila ada politik uang ataupun ada calon kepala daerah yang terbukti melakukan korupsi.

"Laporkan kalau ada yang main money politics ke pihak yang kompeten," pungkasnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement