Advertisement

Wapres JK: Indonesia Negara Mayoritas Muslim yang Aman Sedunia

Lingga Sukatma Wiangga
Rabu, 06 Juni 2018 - 23:08 WIB
Nugroho Nurcahyo
Wapres JK: Indonesia Negara Mayoritas Muslim yang Aman Sedunia Jusuf Kalla - Bisnis Indonesia/Felix Jody Kinarwan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam yang paling aman sedunia.

Dia membandingkan Indonesia dengan negara berpenduduk mayoritas muslim dan menganut sistem republik lainnya, namun didera perpecahan.

Advertisement

Menurut Jusuf Kalla atau JK, ada sekitar 53 negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam di dunia. Dari jumlah itu sekitar 15 negara yang bergolak.

“Kalau kita lihat hampir semua yang radikal selalu munculnya datang dari daerah berkonflik dan semua [negara yang konflik] itu diduduki oleh orang asing. Al Qaeda datang dari Afghanistan. ISIS datang dari Syiria dan Irak. Kita bersyukur di antara kesulitan itu Indonesia ada di kondisi lebih baik,” ujarnya saat menghadiri rapat pleno ke-28 Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Kantor MUI, Rabu (6/6/2018).

Indonesia, yang relatif aman, kata dia, tak terlepas dari sejarah bagaimana Islam masuk ke Nusantara. Islam masuk ke Indonesia melalui jalur niaga dan bukan jalur penaklukan atau peperangan. “Terjadi transisi keagamaan yang damai sehingga terjadilah di Indonesia ini sesuatu yang tak terjadi di negara lain,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Budayawan di Jogja Dilibatkan Pembuatan Maskot Pilkada 2024

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement