Advertisement

Pasal Santet dan Zina di RUU KUHP Belum Beres

Newswire
Minggu, 03 Juni 2018 - 01:50 WIB
Bhekti Suryani
Pasal Santet dan Zina di RUU KUHP Belum Beres Ilustrasi RUU KUHP. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Sejumlah pasal masih menjadi kontroversi dalam RUU KUHP yang diklaim DPR sudah selesai 100%.

Anggota Panitia Kerja (Panja) Revisi Undang-Undang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RUU KUHP) Taufiqulhadi mengklaim bahwa pembahasan payung hukum kejahatan di Indonesia tersebut sudah rampung saat ini.

Advertisement

"Kalau dalam konteks sebagai anggota Panja, saya ingin mengatakan saat ini sebetulnya sudah selesai 100 persen," ujar Taufiqulhadi seusai mengisi acara diskusi Populi Center dan Smart FM Network bertajuk Berebut Pasal Korupsi? di Restoran Gado-Gado Boplo, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (2/6/2018).

Namun di balik kesiapan Panja membawa RUU KUHP ke Paripurna, terselip beberapa poin krusial yang masih diprediksi menimbulkan perdebatan. Pasal kontroversial itu antara lain soal penerapan hukuman mati di Indonesia, tindak kejahatan santet, pasal pencabulan anak di bawah umur dan perzinahan.

Menurut dia, pasal-pasal tersebut yang masih diperlukan masukan dan pandangan mini per fraksi di DPR RI. Oleh karena itu, kata dia, seusai hari raya Idulfitri, Panja RUU KUHP akan mendengarkan pernyataan dari masing-masing fraksi.

Apabila sudah ada keputusan dan kesepakatan, RUU KUHP itu akan dibawa ke sidang paripurna untuk disahkan menjadi undang-undang. Dia berharap di hari kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2018, RUU KUHP sudah bisa disahkan.

"Tinggal keputusan fraksi, misalnya hukuman mati setuju atau tidak. Sekali pertemuan nanti setelah hari raya sudah selesai. Sebelum Agustus, insya Allah kami bisa menyelesaikan hal tersebut, dan menurut saya, Juni kami sudah bisa bawa ke paripurna," tutup dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Lebaran, 41 Ribu Lebih Pengunjung Belanja di Pasar Beringharjo

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement