Advertisement

Mahal Mana, Biaya Pengamanan Pernikahan Harry-Meghan atau William-Kate?

Newswire
Minggu, 03 Juni 2018 - 02:50 WIB
Bhekti Suryani
Mahal Mana, Biaya Pengamanan Pernikahan Harry-Meghan atau William-Kate? Pernikahan Pangeran Pangeran Harry dan Meghan Markle. - Theguardian

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Royal wedding Pangeran Harry dan Meghan Markle hingga kini masih ramai diperbincangkan masyarakat dunia. Termasuk soal berapa biaya pengamanan pernikahan agung itu.

Sebagai salah satu gelaran acara pernikahan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat dunia, wajar saja jika pernikahan agung alias royal wedding Pangeran Harry dan Meghan Markle yang telah dilaksanakan pada 19 Mei lalu, sampai sekarang pun masih banyak dibicarakan di media.

Advertisement

Kali ini, topik perbincangan yang dibahas ialah soal tingginya biaya yang dikeluarkan untuk sektor keamanan selama acara pernikahan di Kastil Windsor tersebut digelar.

Disebutkan sebelum acara prosesi pemberkatan pada 19 Mei lalu, telah beredar rumor soal biaya yang ditelan untuk sektor pengamanan acara. Rumor luas yang beredar mengatakan, hanya untuk biaya keamanan saja, biaya yang dihabiskan sekitar 30 Juta Euro atau sekira Rp484 miliar. Angka yang membuat mata terbelalak bukan?

Tapi, ternyata rumor tersebut keliru adanya. Sebab, menurut keterangan komisaris polisi, Anthony Stansfeld biaya total yang dihabiskan dinilai antara sekitar 2 juta hingga 4 juta Euro atau kurang lebih Rp32-Rp64 miliar, bunyi laporan Hellomagazine, Sabtu (2/6/2018).

Dijelaskan oleh Menteri Kepolisian Nick Hurd, sejatinya soal keamanan ini menelan biaya yang besar karena banyak cuti dari petugas pasukan yang dibatalkan.

The cost really was a lot of people [officers] had their leave cancelled and will take it at other times. Those sorts of things, there is not a direct cost but there were direct costs [Banyak biaya besar untuk banyak petugas yang cutinya dibatalkan dan mereka akan mengambilnya di lain waktu. Hal-hal semacam itu, tidak ada biaya langsung tetapi ada biaya langsung],” ungkap Nick.

Biaya petugas keamanan yang besar tersebut mengingat keamanan saat pernikahan Harry dan Meghan dua pekan lalu memang bisa dibilang luar biasa ketat. Sebab, disebutkan sekitar 100.000 orang memadati area Windsor kala itu, yang mana akhirnya membuat operasi keamanan kepolisian Thames Valley Police untuk pernikahan Harry-Meghan saat itu jadi salah satu operasi keamanan terbesar yang pernah digelar.

Salah satu operasi keamanan terbesar tersebut akhirnya hingga harus membutuhkan bantuan dari pasukan lain, termasuk dari pihak Metropolitan Police.

Sementara itu, biaya keamanan untuk royal wedding Harry-Meghan ini pada dasarnya masih jauh lebih kecil daripada biaya keamanan untuk pernikahan kakak Harry, Pangeran William dan Kate Middleton pada 2011 lalu.

Pasalnya untuk biaya keamanan pernikahan Duke dan Duchess of Cambridge itu, seperti keterangan dari Press Association, menelan biaya sebesar 6,35 juta Euro dengan spesifikasi hampir 3 juta Euro sendiri hanya untuk upah lembur para petugas keamanan yang bertugas.

Ratusan petugas direkrut untuk membantu kerumunan polisi untuk mengawasi acara pernikahan di London, yang kala itu diperkirakan sekitar sebanyak satu juta orang berkerumun di jalan-jalan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pencurian Ternak di Kulonprogo Marak, 5 Kambing Hilang dalam Semalam

Kulonprogo
| Kamis, 25 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement