Ini Tanggal yang Tak Ideal untuk Mudik

Kendaraan pemudik melintas di tol Cipali-Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Minggu (18/6/2017). - Antara/Dedhez Anggara
26 Mei 2018 13:10 WIB Yudi Supriyanto News Share :
Adplus Tokopedia

Harianjogja.com, JAKARTA--Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta masyarakat tidak melakukan perjalanan mudik pada H-2 dan H-3 Hari Raya Idulfitri.

Budi mengungkapkan, titik krusial pada arus mudik tahun ini diperkirakan masih sama dengan tahun sebelumnya, yakni tol Cipali dan Pelabuhan Merak setelah melakukan pemetaan lokasi rawan kemacetan lalu lintas.

Oleh karena itu, dia meminta masyarakat memilih hari yang tepat ketika melakukan perjalanan mudik ke kampung halamannya, yakni H-5 dan H-6.

"Kami sudah memetakan kembali dan sepertinya sama seperti tahun lalu, yang paling krusial itu di Tol Cipali. Setelah itu baru Pelabuhan Merak, oleh karena itu kita buat suatu pemetaan preferensi masyarakat. Kita berikan edukasi kepada masyarakat untuk mudik tidak di H-2 dan H-3 tapi H-5 dan H-6. Ini juga menjadi peran media untuk informasikan kepada masyarakat," kata Budi dalam siaran pers yang diterima Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Sabtu (26/5/2018).

Dia berharap masyarakat juga melakukan persiapan fisik dan kendaraan yang digunakan ketika mudik. Masyarakat, dia menuturkan, sebaiknya menggunakan moda transportasi umum dalam melakukan mudik.

"Kami harapkan masyarakat memiliki persiapan yang baik secara fisik dan kendaraan yang digunakan. Mari menggunakan moda transportasi yang telah dianjurkan oleh pemerintah. Kami harus mewujudkan mudik yang aman dan selamat bagi semua," katanya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Adplus Tokopedia