Advertisement

Pejuang Veteran Geram, Ingin Kembali Perang Tumpas Teroris

Newswire
Senin, 21 Mei 2018 - 07:05 WIB
Anton Wahyu Prihartono
Pejuang Veteran Geram, Ingin Kembali Perang Tumpas Teroris Aparat kepolisian memburu para pelaku terorisme. - Antara/dok

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG-Anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) siap membantu pemerintah dan aparat penegak hukum dalam melawan teroris sebagai upaya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Pak Rozaq tadi menyatakan kepada saya, beliau marah betul pada teroris-teroris keji itu, beliau bahkan siap jika dibutuhkan untuk perang lagi. Kata beliau 'saya siap perang lagi Pak, saya tidak rela mereka merusak Republik'," kata Gubernur Jawa Tengah nonaktif Ganjar Pranowo di Gedung LVRI Ambarawa, Kabupaten Semarang, Minggu (20/05/2018) petang.

Advertisement

Menurut Ganjar, Rozaq adalah salah seorang veteran yang sakit dan dijenguk dirinya beberapa saat sebelum bersilaturahmi dengan puluhan anggota LVRI. Dari pertemuan dengan puluhan anggota LVRI yang berlangsung kurang lebih satu jam itu, Ganjar mengapresiasi semangat para veteran yang masih berkobar dalam menjaga keutuhan NKRI.

"Hari ini [kemarin] Indonesia butuh lagi semangat yang disuntikkan dan digelorakan untuk NKRI, momentum Hari Kebangkitan Nasional pada tanggal 20 Mei ini menjadi penting untuk menggelorakan lagi semangat menjaga Pancasila dan NKRI," kata politikus PDI Perjuangan itu.

Mengetahui semangat para veteran yang masih ingin menyumbangkan sesuatu untuk bangsa dan negara tersebut, Ganjar berencana melibatkan mereka dalam program sekolah tanpa sekat. "Sekolah tanpa sekat ini gurunya dari siapa saja, bisa seniman atau veteran. Bapak ibu bisa cerita bagaimana dahulu memperjuangkan kemerdekaan agar anak-anak kita mengerti betapa beratnya mewujudkan NKRI," ujarnya.

Dalam silaturahmi itu, anggota LVRI, Suyono Hadiwiyono, 92, menceritakan pengalamannya menumpas para penjajah dan di akhir ceritanya dia mengungkapkan keprihatinan melihat kondisi anak bangsa yang sering berkonflik sendiri. "Dahulu memperjuangkan NKRI, mengapa sekarang malah tidak rukun, bahkan ada yang ingin mengganti ideologi," katanya.

Sementara itu, Ketua LVRI Ambarawa Untung Sidik menyampaikan terima kasih kepada Ganjar Pranowo. Menurut dia, politikus PDIP itu adalah satu-satunya gubernur yang menunjukkan kepedulian nyata pada veteran. "Sudah berapa banyak rumah veteran yang dibangun oleh Pak Ganjar," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement