Advertisement

Selama Puasa, Pasokan Listrik Jateng-DIY Aman

Imam Yuda Saputra
Kamis, 17 Mei 2018 - 09:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Selama Puasa, Pasokan Listrik Jateng-DIY Aman Petugas PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY tengah memeriksa salah satu instalansi listrik di Semarang, Rabu (16/5 - 2018). (Istimewa/Humas PLN DJTY)

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG—Pasokan listrik untuk wilayah Jawa Tengah dan DIY dipastikan aman selama Ramadan ini, berdasarkan pernyataan yang dikeluarkan PT PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY (DJTY).

Hal itu disampaikan Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN DJTY, Hardian Sakti, Rabu (16/5/2018). “Suplai listrik di wilayah Jateng dan DIY dalam kondisi aman dengan pasokan mencapai 4.617 MW, perkiraan beban 3.679 MW dan cadangan sekitar 938 MW,” ujar Hardian di kantor PLN DJTY, Kota Semarang, Rabu.

Advertisement

Hardian menyebutkan pihaknya saat ini juga telah memonitor sistem kelistrikan secara realtime untuk memastikan pasokan tersebut dapat terdistribusi dengan baik.

“Tren beban puncak pada saat bulan Ramadan biasanya mengalami pergeseran, dari semula pukul 19.00 WIB sampai 22.00 WIB pada malam hari dan pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB serta 03.00 WIB - 06.00 WIB. Itu diakibatkan pola masyarakat yang melaksanakan ibadah salat Tarawih dan makan sahur,” beber Hardian.

Di samping pasokan listrik, PLN  juga telah menyiapkan pengamanan dari segi pasukan. Sebelumnya secara serempak, seluruh Area PLN se-Jateng dan DIY menggelar Apel besar untuk memastikan kondisi personel dan peralatan dalam keadaan prima. Rangkaian kegiatan apel diawali dengan upacara bersama, para peserta kemudian mendapat pengarahan lebih lanjut mengenai kondisi pengamanan kelistrikan, proyeksi kemungkinan gangguan, hingga strategi pemulihan akibat gangguan.

Total sebanyak 2.200 personel PLN se-Jateng dan DIY disiagakan untuk menghadapi Ramadan dan Lebaran 2018. Personel itu didukung oleh 429 armada yang terdiri dari mobil operasional, mobil PDKB, crane, dan motor Unit Reaksi Cepat (URC).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Termasuk Jogja, BMKG Ingatkan Sebagian Besar Wilayah Indonesia Waspada Cuaca Ekstrem

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement