Advertisement

Antisipasi Teroris, WNI Pulang dari Suriah Kini Tak Lagi Bebas

Newswire
Kamis, 17 Mei 2018 - 07:07 WIB
Anton Wahyu Prihartono
Antisipasi Teroris, WNI Pulang dari Suriah Kini Tak Lagi Bebas Tim Densus 88 mengamankan istri terduga Teroris saat dilakukan penggerebekan di Gempol, Tangerang, Banten, Rabu (16/05/2018). - Antara/ Muhammad Iqbal

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Pemerintah sedang mempersiapkan peraturan untuk menangani WNI yang kembali dan terindikasi paham radikalisme dari Suriah, agar tidak menebarkan virus radikalisme di Tanah Air.

"Saya akan rapatkan dengan Menlu [Retno Marsudi] dan Menkumham [Yasonna Laoly], juga dengan berbagai jajaran Kepolisian, BIN dan TNI untuk menyikapi itu, bagaimana kita menyiapkan contingency plan [rencana darurat]," kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Jakarta, Rabu (16/05/2018).

Advertisement

Moeldoko menambahkan pembahasan tersebut akan dilakukan dalam pekan ini, guna memperoleh solusi untuk menghadapi WNI yang kembali dari Suriah. Pemerintah juga sedang mempersiapkan payung hukum untuk memantau WNI yang kembali dari Suriah. "Nanti ada kesepakatan, misalnya si A ada datanya pernah pergi ke Suriah tanggal sekian, [ketika] pulang nama dan fotonya bisa segera diedarkan imigrasi ke seluruh jajarannya. Sehingga semuanya aware dengan situasi itu, kira-kira begitu," jelasnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan pemerintah terus mengupayakan deradikalisasi bagi WNI yang terindikasi paham radikal dari Suriah. Menurut Kalla, deradikalisasi bukan hal yang mudah dilakukan karena menyangkut pengubahan idealisme seseorang. "Orang ke Suriah itu kan ada yang diketahui, ada yang tidak diketahui. Jadi ini memang betul suatu upaya deradikalisasi yang keras; dan tentu pelajaran juga dalam pengaturan di penjaranya [untuk terpidana teroris]," kata Wapres Jusuf Kalla.

Upaya deradikalisasi juga dilakukan kepada para teroris yang telah tertangkap dan ditahan di penjara. Namun, Wapres menilai penyatuan terpidana teroris di satu tempat bukan berarti menyelesaikan masalah radikalisme dalam diri para teroris tersebut. "Deradikalisasi ada yang berhasil, ada juga yang tidak. Kalau mereka berkumpul, keyakinannya bisa makin kuat. Al-Baghdadi pimpinan ISIS itu juga dia dapat ilmu dan keyakinannya itu di penjara. Tapi kalau [terpidana teroris] disebar-sebar, dia bisa menjadi virus," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bantuan Keuangan Politik Disalurkan Dua Tahap

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement