Advertisement

TNI AD Miliki 8 Helikopter Baru

Yustinus Andri DP
Kamis, 17 Mei 2018 - 00:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
TNI AD Miliki 8 Helikopter Baru Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu - JIBI/Reuters/Samrang Pring

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG—TNI Angkatan Darat kini memiliki delapan buah helikopter serang AH-64E baru hasil pembelian dari Amerika Serikat.

Adapun, penyerahan alat utama sistem persenjataan (alutsista) baru tersebut dilakukan di Skadron II/ Serbu Penerbad Semarang pada Rabu (16/5/2018).

Advertisement

Helikopter seharga US$41 juta per unit itu diserahkan Wakil Duta Besar Amerika Serikat Erin Mckee kepada Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

Ryamizard mengatakan helikopter tersebut merupakan salah satu jenis alutsista dengan teknologi tinggi dan tercanggih saat ini. Dia pun berharap alutsista tersebut dapat menunjang kemampuan TNI AD untuk memperkuat terpeliharanya kedaulatan negara.

“Helikopter serang AH – 64E Apache sudah ini siap dioperasionalkan. Pilotnya pun sudah tersedia setelah  mereka menjalani pelatihan di AS selama enam bulan,” ujarnya seperti dikutip dari keterangan resmi pada Kamis (16/5/2018).

Meski demikian, dia tetap meminta kepada TNI AD agar tetap mempelajari lagi penggunaan helikopter tersebut, agar dalam pemanfaatanya nanti menemukan kekeliruan. Dia juga meminta kepada Panglima TNI dan seluruh prajurit, agar alutsista tersebut dapat dijaga dengan baik.

“Langkah itu juga bentuk terima kasih kepada rakyat Indonesia yang telah menghadiahkan alutsista tercanggih,” lanjut Me nhan.

Di sisi lain, Wakil Duta Besar AS Erin Mckee mengatakan helikopter Apache tersebut akan menjadi monumen baru antara Indonesia dan AS dalam menjalin kemitraan di bidang militer.

Kemitraan pertahanan itu akan diperkuat terus menerus, untuk mendorong keamanan, stabilitas, dan menjunjung kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Di samping peralatan tempur, lanjut Mckee, kedua negara juga telah bermitra di sektor SDM. Menurutnya. sudah lebih dari 100 tentara Angkatan Udara Indonesia, baik pilot maupun teknisi, telah dilatih di AS bersama pilot dan teknisi Apache.

Sementara itu, apabila ditilik dari spesifikasinya, helikopter Apache sendiri dilengkapi tiga jenis persenjataan. Pertama, canon kaliber 30 milimeter yang memiliki jarak efektif 1.500 meter dan jarak maksimal 3 km.

Kedua, roket hydra 2,75 inci dengan jarak efektif 3 km sampai lima kilometer dan jarak maksimum 7 km, serta memiliki jarak mematikan (lethality distance) 20 meter.

Ketiga, misil AGM 114/R Hellfire yang memiliki jarak efektif sampai delapan meter dan mampu menghancurkan sasaran tank, baik bergerak maupun diam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mantan Rektor UNY dan Bupati Gunungkidul Bersaing Dapatkan Dukungan Partai di Pilkada

Gunungkidul
| Jum'at, 19 April 2024, 19:12 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement