Advertisement

Duh, Sudah 14 Negara Terbitkan "Travel Advice" untuk Perjalanan ke Indonesia

Newswire
Rabu, 16 Mei 2018 - 19:37 WIB
Nina Atmasari
Duh, Sudah 14 Negara Terbitkan Aliansi Masyarakat Jawa Timur DIY menyalakan lilin saat menggelar doa bersama di kawasan Tugu Pal Putih, Jogja, Selasa (15/5/2018). - istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Terjadinya kerusuhan dan teror bom bunuh diri di Indonesia beberapa hari terakhir, menjadi sorotan negara-negara di dunia.

Saat ini,  sudah sebanyak 14 negara menerbitkan travel advice atau peringatan keamanan bagi warga negaranya untuk bepergian ke Indonesia.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Guntur Sakti di Jakarta, Rabu (16/5/2018), menghimpun informasi sebanyak 14 negara yang menerbitkan peringatan keamanan bagi warga negaranya untuk ke Indonesia.

"Sebanyak 14 negara telah mengeluarkan travel advice terkait aksi teror bom di Surabaya dan Sidoarjo per-16 Mei 2018 jam 14.55 WIB," ungkapnya.

Negara-negara itu mengelarkan pernyataan travel advice melalui laman resmi mereka yakni Inggris https://www.gov.uk/foreign-travel-advice/indonesia/terrorism, Amerika https://id.usembassy.gov/security-alert-explosions-in-surabaya-indonesia-may-13-2018/, Australia http://smartraveller.gov.au/Countries/asia/south-east/Pages/indonesia.aspx, dan Hongkong http://www.sb.gov.hk/eng/ota/note-Indonesia.htm.

Selanjutnya, Selandia Baru https://www.safetravel.govt.nz/indonesia, Singapura https://www.mfa.gov.sg/content/mfa/overseasmission/jakarta/announcements/consular-notice--13-may-2018----bomb-explosions-in-surabaya.html, dan Malaysia http://www.kln.gov.my/web/guest/press-release/-/asset_publisher/FCk0/content/press-release-:-bombing-in-surabaya-indonesia-siaran-akhbar-:-letupan-bom-di-surabaya-indonesia-redirect=%2Fweb%2Fguest%-Fpress-release.

Kemudian Polandia https://twitter.com/PLdiIndonesia/status/995587412939104256, Irlandia https://www.dfa.ie/travel/travel-advice/a-z-list-of-countries/indonesia/ dan Canada https://travel.gc.ca/destinations/indonesia.

Empat negara yang lain yakni Prancis https://www.diplomatie.gouv.fr/fr/conseils-aux-voyageurs/conseils-par-pays/indonesie/?xtor=RSS-2&t=20180513073913, Filipina https://www.dfa.gov.ph/dfa-news/statements-and-advisoriesupdate/16648-statement-of-the-department-of-foreign-affairs-on-the-situation-in-surabaya-indonesia, Swiss https://www.eda.admin.ch/eda/fr/dfae/representations-et-conseils-aux-voyageurs/indonesie/conseils-voyageurs-indonesie.html, dan Brazil http://jacarta.itamaraty.gov.br/en-us/News.xml.

"Kemenpar sangat menghargai dan memandang hal tersebut sebagai sebuah kewajiban negara untuk melindungi warganya yang berada di negara lain, bukan sebagai larangan berkunjung," tutur Guntur.

Ia menyebut travel advice yang dikeluarkan oleh beberapa negara untuk warganya setelah peristiwa pemboman di beberapa titik di Indonesia itu sama sekali bukan berarti larangan berkunjung.

"Sebagai informasi pemerintah Indonesia juga pernah mengeluarkan 'travel advice' untuk warga negara Indonesia di Prancis ketika terjadi serangan teror Charlie Hebdo pada 2015," ujarnya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

AJARAN AGAMA: Generasi Milenial Dinilai Penting Belajar Fikih

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement