Advertisement

Hubungan Memanas, Turki dan Israel Saling Usir Duta Besar

John Andhi Oktaveri
Rabu, 16 Mei 2018 - 17:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Hubungan Memanas, Turki dan Israel Saling Usir Duta Besar Presiden Turki Tayyip Erdogan - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Hubungan Turki dan Israel memanas, setelah pasukan keamanan Israel membunuh sedikitnya 60 warga Palestina dalam satu aksi protes di perbatasan Gaza. Buntutnya, Turki dan Israel saling usir duta besar.

Aksi pembantaian itu terjadi selama sehari saat terjadi saat AS melakukan pembukaan kedutaan besar di Yerusalem.

Advertisement

Kementerian Luar Negeri memerintahkan Duta Besar Israeli, Eitan Naeh untuk meninggalkan negara itu. Dia diminta untuk berkonsultasi dengan pemerintahnya untuk waktu yang belum ditentukan sebagaimana dikutip situs berita Haarez.com, Rabu (16/5/2018).

Sebagai balasannya, Israel memerintahkan Konsul Turki di Yerusalem, Husnu Gurcan Turkoglu untuk pulang ke negaranya, sedangkan Duta Besar Turki di Tel Aviv telah dipanggil pulang sebelumnya sebagimana juga yang dilakukan terhadap Amerika Serikat.

Turki menjadi salah satu pengecam paling lantang atas tanggapan Israel terhadap unjuk rasa Gaza dan pemindahan kedutaan Amerika Serikat. Negara itu juga menyerukan pertemuan darurat negara Islam pada Jumat mendatang.

Presiden Turki, Tayyip Erdogan, menyebut pertumpahan darah pada Senin (14/5/2018) sebagai yang paling mematikan bagi warga Palestina sejak perang Gaza pada 2014. Erdogan menyebut Israel negara teroris. Untuk itu, pemerintahannya menyatakan tiga hari berkabung.

Juru bicara pemerintah, Bekir Bozdag, mengatakan kepada parlemen, Turki menganggap Amerika Serikat sama-sama bertanggung jawab atas kekerasan di Gaza.

"Darah orang-orang Palestina yang tidak bersalah ada di tangan Amerika Serikat," katanya dan Amerika Serikat adalah bagian dari masalah, bukan solusi," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Lengkap KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement