Advertisement

Presiden Afganistan Meminta Indonesia Turut Ambil Peran Ciptakan Perdamaian di Negaranya

Amanda Kusumawardhani
Jum'at, 11 Mei 2018 - 22:06 WIB
Nugroho Nurcahyo
Presiden Afganistan Meminta Indonesia Turut Ambil Peran Ciptakan Perdamaian di Negaranya Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla menyalami sejumlah ulama yang mengikuti pertemuan trilateral ulama Afganistan, Indonesia dan Pakistan di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (11/5). - Antara/Wahyu Putro

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Presiden Afganistan Ashraf Ghani ingin menjadikan Indonesia sebagai model bagi perdamaian di negaranya.

Saat menghadiri peringatan hari lahir Al-Khairiyah ke-93, di Kota Cilegon, Banten, Presiden Joko Widodo mengungkapkan Presiden Afganistan, Ashraf Ghani meminta Indonesia memberikan kontribusi bagi terciptanya perdamaian di Afganistan yang telah dilanda konflik sejak lama.

Permintaan tersebut disampaikan Presiden Ghani saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo sekira satu setengah tahun lalu.

"Beliau meminta bantuan kita untuk perdamaian di Afganistan. Di sana ada 7 suku, hanya ada 7 perang 40 tahun tidak rampung-rampung. Kita 714 suku. Permintaan Doktor Ashraf Ghani itu, bismillah, saya sanggupi,” katanya, mengutip keterangan resminya, Jumat (11/5/2018).

Presiden baru saja membuka Pertemuan para ulama tiga negara (Afganistan-Indonesia-Pakistan) pada pagi tadi di Istana Kepresidenan Bogor. Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari proses panjang yang melibatkan semua pemangku kepentingan yang terkait upaya perdamaian di Afganistan.

"Ulama Indonesia, Pakistan, dan Afganistan berkumpul di dalam satu ruang membicarakan dan membuat payung besar agar perdamaian di Afganistan dapat dicapai,” ujarnya.

Melalui pengalaman sebagai kontributor perdamaian tersebut, Indonesia sesungguhnya belajar sekaligus diingatkan bahwa persatuan merupakan hal yang mahal harganya.

"Inilah yang ingin kita ingatkan bahwa yang namanya persatuan dan persaudaraan itu sangat penting bagi sebuah bangsa," tutur Presiden.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Info Stok Darah dan Jadwal Donor Darah Rabu 24 April 2024 di PMI se-DIY

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement