Advertisement

Empat Parpol Ini Dianggap Dekat dengan Umat Islam

Newswire
Kamis, 19 April 2018 - 23:27 WIB
Anton Wahyu Prihartono
Empat Parpol Ini Dianggap Dekat dengan Umat Islam Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy salaman dengan Ketua Dewan Syariah PPP Maimoen Zubair di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (13/04/2018). - Antara/Aditya Pradana Putra

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Cyrus Network (CN) melakukan survei terhadap elektabilitas terhadap sejumlah tokoh maupun partai yang dianggap dekat dengan umat Islam. Hasilnya, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dianggap sebagai partai yang paling dekat dengan umat Islam disusul PKB, PKS dan PDIP.

Dikutip dari siaran pers CN pada Kamis (19/04/2018), survei bertajuk Pemetaan Pelung Capres dan Cawapres Menjelang Pemilihan Presiden 2019 itu menunjukkan 28,3 persen responden memilih PPP sebagai partai yang paling dekat dengan umat Islam.

Advertisement

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berada di posisi kedua dengan 27,7 persen, diikuti oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mendapatkan 12 persen.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang selama ini dikenal sebagai partai nasionalis dipilih 3,1 persen responden sebagai partai yang dekat dengan umat Islam, sedikit di atas Partai Bulan Bintang (PBB) yang mendapat 2,4 persen dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang dipilih 2,2 persen responden.

Dalam laporan yang disampaikan Cyrus Network (CN), survei ini dilakukan pada 27 Maret hingga 3 April di 34 provinsi seluruh Indonesia. Jumlah responden sebanyak 1.230 orang dengan persentase berimbang antara laki-laki dan perempuan, yaitu masing-masing 50 persen. Tingkat keyakinan sebesar 95 persen dengan batas kesalahan tiga persen.

Terkait dengan calon presiden, survei ini menempatkan Joko Widodo sebagai capres dengan elektabilitas tertinggi, yakni 58,5 persen, secara top of mind. Sementara Prabowo Subianto mendapatkan 21,8 persen. "Di benak publik, top of mind capres, Jokowi 58,5 persen, Prabowo 21,8 persen. Kesimpulan sementara Prabowo kompetitor Jokowi. Hanya Prabowo satu-satunya," kata Managing Director CN Eko Dafid Afianto.

Sementara saat simulasi lima nama, elektabilitas Jokowi mencapai 60,3%, Prabowo 24,1%, Gatot Nurmantyo 4,6%, Anies Baswedan 3%, dan Jusuf Kalla 2,3%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Takbir Keliling di Bantul Boleh tetapi Terbatas, Tak Boleh Ada Petasan dan Obor Api

Bantul
| Selasa, 19 Maret 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement