Advertisement

Kapal Tenggelam di Perairan Batam, Ratusan Penumpang Terombang-Ambing

Kamis, 19 April 2018 - 20:00 WIB
Bhekti Suryani
Kapal Tenggelam di Perairan Batam, Ratusan Penumpang Terombang-Ambing Penumpang kapal yang diselamatkan KP Baladewa 5006. - Suara/Batamnews

Advertisement

Harianjogja.com, BATAM- Kapal yang mengangkut ratusan penumpang tenggelam di perairan antara Malaysia dan Indonesia.

Sebuah kapal yang belum diketahui identitasnya tenggelam di perairan Horsbourgh, perbatasan antara Johor, Malaysia dengan Kepulauan Riau Indonesia, Kamis (19/4/2018) dini hari.

Advertisement

Akibatnya, sebanyak 107 orang penumpang kapal tersebut terombang-ambing di lautan. Kini, proses evakuasi masih berlangsung.

Berdasarkan informasi yang terhimpun kapal tersebut berangkat dari Malaysia pukul 02.00 dini hari waktu setempat. Kemudian terjadi kecelakaan 02.45 WIB.

"Empat orang diselamatkan penjaga pantai Singapura. Sementara lainnya kami evakuasi," ujar Danlantamal IV Tanjungpinang Laksma Eko Ribut, Kamis (19/4/2018).

Ia mengatakan, 96 orang itu ditemukan TNI tengah terapung di atas kapal yang terombang-ambing.

Eko menuturkan, kapal TNI yang menyelamatkan mereka adalah KN SAR 101 Purworejo, KP Anis Madu, KP Baladewa dan KN Sarotama. Sementara VTS Centre Batam Batam memonitor dan berkoordinasi.

"Penumpang kapal itu sebanyak 69 orang sudah di evakuasi KP Baladewa," terangnya.

Total jumlah korban yang sudah dievakuasi di KP Baladewa 5006 berjumlah 107 orang, yang terdiri dari 102 penumpang dan lima orang ABK. Dengan rincian 22 perempuan, empat orang anak-anak, serta 76 laki-laki.

Kepala Operasional KPLP Tanjunguban Sugeng Riono mengatakan, kapal tersebutĀ  mengalami mati mesin dan terombang-ambing dan tenggelam.

"Kami dapat kabar insiden ini dari SROP Tanjunguban. Lalu kami terjunkan KN Sarotama dan sudah berada di lokasi yang berjarak tujuh mil," ujar Sugeng.

Informasi yang diperoleh dari SAR Tanjungpinang dengan sumbernya berasal dari MPA Singapura, lokasi kejadian berada diĀ  posisi 01.19.049 N dan 104,22.543 E.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Korban Apartemen Malioboro City yang Laporkan Pengembang Ke Polda DIY Bertambah

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement