Advertisement

Wiranto-SBY, Upaya Cari Kawan

MG Noviarizal Fernandez
Kamis, 19 April 2018 - 10:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Wiranto-SBY, Upaya Cari Kawan Wiranto - JIBI/Reuters/Beawiharta

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Beragam elemen meyakini pertemuan yang dilakukan Wiranto dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai pertemuan penjajakan potensi menjadi kawan dalam Pemilu 2019.

Toto Sugiarto, Direktur Eksekutif Riset Indonesia mengatakan bahwa menjelang kontestasi tiap kubu perlu menjalin komunikasi. Apalagi tahun depan pelaksanaan pemilihan legislatif dan presiden digelar bersamaan.

Advertisement

“Yang dihadapi saat ini berbeda. Kalau dulu setelah Pileg baru menjalin komunikasi untuk Pilpres, tapi  [sekarang] karena bersamaan maka komunikasi mulai dijalankan. Setelah bertemu dan berkomunikasi kemudian mencari titik temu dan lain sebagainya, untuk kepentingan baik saat kontestasi dan setelah kontestasi,” ujar Toto saat dihubungi, Rabu (18/4/2018).

Meski demikian, lanjutnya, pertemuan tersebut belum mengarah pada terbentuknya koalisi serta pengajuan pasangan dalam Pilpres. Wiranto, lanjutnya, yang membawa kepentingan Joko Widodo sebagai penguasa, tentu ingin melihat semua peta kekuatan.

Di kubu SBY, menurut Toto, komumikasi ini penting dilakukan untuk melihat kekuatan riil yang dihadapi dalam kontestasi mendatang. Menurutnya, pertemuan tersebut akan menjadi landasan penentuan sikap Partai Demokrat menjelang pendaftaran calon Presiden pada akhir Juli atau Agustus 2018.

“Demokrat bisa ke kiri dan ke kanan tapi nanti jelang pencalonan dinamika akan lebih kencang dan tentu pertemuan awal ini jadi landasan,” pungkasnya.

Menteri Koordinator Politik dan Keamanan Wiranto diketahui menggelar pertemuan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di kawasan Mega Kuningan, Rabu siang. Menurutnya, pertemuan itu berkaitan dengan jabatannya sebagai menteri yang turut membidangi persoalan politik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemudik Inilah Jalur Alternatif Masuk Gunungkidul

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement