Lebaran 2018, Bus Mudik Gratis Bakal Lebih Banyaaaakkk

Bus mudik. - Solopos/Ardiansyah Indra Kumala
13 April 2018 16:17 WIB newswire News Share :
Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia

Harianjogja.com, JAKARTA- Persiapan untuk lebaran sudah mulai dilakukan oleh Pemerintah, salah satunya armada bus untuk mudik.

Kementerian Perhubungan menambah armada bus untuk program mudik gratis guna menekan angka kecelakaan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi usai usai Rapat Koordinasi Persiapan Angkutan Lebaran 2018 di Kemenhub, Jakarta, Jumat (13/4/2018), mengatakan untuk tahun ini pemerintah menambah hingga 1.135 bus.

"Untuk 2017 kemarin bud mudik gratis cukup banyak sudah 900 sekian, nah sekarang saya menambah lagi untuk busnya itu 1.135, belum lagi nanti ada ke sepeda motor ada 75 truk dan kapal feri ada tiga jurusan," tuturnya.

Berdasarkan data Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, terdapat korelasi antara penambahan armada bus untuk mudik gratis dengan penurunan angka kecelakaan.

Dia menyebutkan pada 2016, angka kecelakaan sebanyak 1.261 orang tewas selama "H-7" hingga "H+7" Lebaran, kemudian menurun hingga 50 persen pada 2017, yaitu 742 orang.

"Jadi, kalau saya menambahkan kapasitas untuk masyarakat mudik gratis, artinya mudah-mudahan kecelakaan bisa turun lagi tahun ini," ujarnya.

Ia berharap kecelakaan akan turun pada tahun ini hingga 50% seiring dengan penambahan armada mudik gratis baik dari perushaan BUMN dan swasta.

"Kemudian yang membahagiakan lagi, kemarin ada beberapa swasta, salah satunya dari Honda kemudian Damri ada penyiapan 2.000 bus lebih, artinya kita mengharapkan masyarakat sudah enggak perlu lagi pakai motor atau mobil pribadi. Saya berharap motor bisa dikurangi karena motor sangat resisten dan berpengaruh untuk mengakibatkan kecelakaan," imbuhnya.

Dia menambahkan untuk jarak dekat memang masyarakat dengan tujuan jarak dekat, seperti Cirebon, Bandung dan Garut masih memilih mudik dengan menggunakan sepeda motor.

Untuk mudik gratis, lanjut dia, paling banyak peminat yaitu tujuan Sragen, Wonogiri dan Yogyakarta.

"Mudah-mudahan dengan imbauan, masyarakat yang mudik jarak jauh tidak menggunakan motor bisa dilakukan," katanya, berharap.

Dia menyebutkan untuk mudik gratis tahun ini, Kemenhub sudah menggelontorkan dana sekitar Rp70 miliar, di antaranya Ditjen Perhubungan Darat Rp35 miliar, Ditjen Perkeretaapian Rp20 miliar, Ditjen Perhubungan Laut Rp10 miliar.

Progres mudik gratis itu sendiri, untuk KA sudah terisi hampir 100 persen, Darat itu lebih dari 50 persen dan Laut 30-40 persen.

Sumber : Antara

Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia