Advertisement

Di Aceh, Nelayan Selamatkan Pengungsi Rohingya

Rahmad Fauzan
Minggu, 08 April 2018 - 08:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Di Aceh, Nelayan Selamatkan Pengungsi Rohingya Pengungsi Rohingya di Kuala Kedah, Malaysia, pada Selasa (3/4/2018). - JIBI/Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, BANDA ACEH—Pada Jumat (6/4/2018) lalu, nelayan Aceh ternyata menyelamatkan serta membawa lima pengungsi Rohingya di lepas pantai Sumatra. Kabar itu dilaporkan pihak berwenang.

Ini merupakan kasus pertama tahun ini. Sementara itu, media melaporkan lima pengungsi lainnya tewas. Belum diketahui darimana perahu yang digunakan berasal.

Advertisement

Organisasi-organisasi kemanusiaan memperkirakan pengungsi yang tengah menyeberang dari Myanmar berjumlah lebih banyak. Dari lima pengungsi, empat dewasa dan satu anak-anak.

“Mereka tiba di pantai sekitar pk 01.30 dini hari dan langsung dibawa ke rumah sakit,” tutur Razali, anggota senior TNI AL yang bertugas di Aceh Timur.

Puluhan ribu etnis Rohingya meninggalkan Myanmar melalui jalur laut setelah kekerasan meletus di Provinsi Rakhine, Myanmar, pada 2012.

Gelombang pengungsi memuncak pada 2015 ketika 25.000 orang melarikan diri melalui Laut Andaman menuju Thailand, Indonesia, dan Malaysia.

Tidak sedikit dari pengungsi tenggelam akibat perahu yang digunakan tidak aman dan kelebihan penumpang.

Tahun lalu, menurut PBB dan organisasi kemanusiaan lainnya, sekitar 700.000 warga Rohingya meninggalkan Rakhine di Myanmar menuju Bangladesh pascaserangan militan yang terjadi pada Agustus, dipicu oleh penindasan militer yang dianggap sebagai pembersihan etnis oleh kalangan internasional.

Mayoritas umat Buddha Myanmar menolak tuduhan tersebut, mengatakan pihak militer memiliki legitimasi untuk menumpas teroris yang mengancam Pemerintah Myanmar.

Pada awal pekan ini, Malaysia mencegat perahu berpenumpang 56 pengungsi Rohingya dari Myanmar di lepas Pulau Langkawi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Syawalan ke Ponpes dan Panti Asuhan, Pj. Bupati Kulonprogo Salurkan Bantuan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement