Advertisement

Sejumlah Kampus Ini Tak Terapkan Tes Masuk PTN untuk Jalur Mandiri

Bhekti Suryani
Sabtu, 07 April 2018 - 19:25 WIB
Bhekti Suryani
Sejumlah Kampus Ini Tak Terapkan Tes Masuk PTN untuk Jalur Mandiri Ilustrasi ujian masuk PTN. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk jalur mandiri kini tak semuanya menerapkan tes kepada calon mahasiswa baru. Kebijakan itu ditempuh setelah terbit aturan baru dari pemerintah.

Beberapa PTN mulai menerapkan aturan baru pada penerimaan mahasiswa jalur mandiri yaitu dengan memanfaatkan nilai Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Dengan demikian calon mahasiswa yang melalui jalur mandiri tak perlu melakukan tes lagi.

Hal tersebut tertuang dalam Permenristekdikti No.126/2018. Dalam Pasal 12 ayat 2 disebutkan persyaratan penerimaan mahasiswa baru berbunyi “Seleksi mandiri yang dilaksanakan PTN menggunakan atau memanfaatkan nilai hasil tes SBMPTN yang difasilitasi oleh Panitia Pusat.’’

Sejumlah PTN telah menggunakan aturan tersebut. Berikut daftarnya seperti dikutip dari Okezone.

1. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Pendaftaran jalur mandiri tanpa tes di UNS dibuka pada 26 Juni sampai 7 Juli 2018. Kemudian diumumkan pada 20 Juli 2018, dengan ketentuan pilihan program studi yang diambil tidak harus sama dengan pilihan di SBMPTN. Namun, kelompok program studinya harus sama misalnya Saintek atau Soshum.

2. Universitas Airlangga (Unair)

Seperti dilansir dari laman Unair, Sabtu (7/4/2018), peserta yang akan mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri jenjang sarjana, diharuskan untuk mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN 2018.

Kemudian catatan penting lainnya, untuk peserta kelompok ujian IPA di SBMPTN 2018, yang akan memilih program studi IPS di jalur mandiri Unair, wajib mengikuti kelompok ujian campuran di SBMPTN 2018. Terakhir, untuk jadwal pendaftaran akan dilangsungkan pada 4 sampai 11 Juli 2018, yang hasilnya diumumkan pada 19 Juli 2018.

3. Universitas Jendral Soedirman (Unsoed)

Dalam Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Unsoed, tidak hanya ada tes tulis saja namun ada juga jalur tanpa tes. Dengan catatan bahwa salah satu pilihan saat SBMPTN adalah Unsoed. Pendaftaran SPMB Unsoed tanpa tes ini akan berlangsung pada 25 Juni sampai 6 Juli 2018, yang hasilnya diumumkan pada 20 Juli 2018.

4. Universitas Padjajaran (Unpad)

Seleksi jalur mandiri Unpad tanpa tes hanya diadakan di kampus Pangandaran dan Garut, yaitu untuk beberapa program studi luar kampus utama Pangandaran, seperti ilmu sosial dan ilmu politik, ilmu komunikasi, peternakan, keperawatan, perikanan dan ilmu kelautan, serta program studi S-1 keperawatan yang ada di Garut. Dengan jadwal sebagai berikut, pembelian pin dilakukan pada 2 Mei hingga 29 Juni 2018, pendaftaran online pada 2 Mei 2018 hingga 30 Juni 2018, sementara hasil diumumkan pada 15 Juli 2018.

Terakhir, beberapa kampus lain seperti Universitas Brawijaya (UB) dan Institut Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya pun melangsungkan seleksi mandiri dengan aturan yang sama, namun masih belum ada jadwal pasti dari beberapa kampus tersebut.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan Rusak di Sleman Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pasang Spanduk Obyek Wisata Jeglongan Sewu

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement